UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan angkat Pastor Subianto sebagai Uskup Bandung

Juni 4, 2014

Vatikan angkat Pastor Subianto sebagai Uskup Bandung

Uskup (terpilih) Antonius Subianto Bunyamin OSC

 

Paus Fransiskus telah mengangkat Pastor Dr. Antonius Subiyanto Bunyamin OSC menjadi uskup Bandung, Jawa Barat, yang hampir empat tahun tidak memiliki uskup.

Saat pengangkatannya, ia masih menjabat sebagai Provinsial  Ordo Salib Suci (OSC) Provinsi Indonesia, yang berpusat di Bandung.

Berita pengangkatan Pastor  Subiyanto sebagai uskup mengemuka melalui ‘siaran pers’ yang ditulis oleh Pastor Dr. Eddy Putranto OSC.

Pengangkatan uskup baru untuk Keuskupan Bandung diumumkan di Vatikan pada pukul 12.00 waktu Roma atau pkl. 17.00 WIB.

Rabu, 4 Juni 2014, akan berlangsung pertemuan internal Kuria Keuskupan Bandung dan Dewan Konsultores Keuskupan Bandung bersama Mgr Ignatius Suharyo selaku Administrator Apostolik untuk Keuskupan Bandung untuk membicarakan hal-hal berkaitan dengan rencana tahbisan episkopal uskup baru tersebut.

Uskup (terpilih) Subianto lahir pada 14 Februari 1968. Ia  mengucapkan kaulnya sebagai imam religius untuk tarekat OSC pada 28 Agustus 1994 dan menerima tahbisan imamat pada 26 Juni 1996. Pada 3 Juni 2014 diangkat menjadi Uskup untuk Diosis Bandung oleh Takhta Suci.

Sede vacante

Sejak kekosongan takhta uskup (sede vacante) di Keuskupan Bandung pada 2010 karena Mgr Johannes Pujasumarta mesti mengemban tugas sebagai Uskup Agung Semarang, belum ada uskup yang bisa memimpin seluruh wilayah Parahyangan. Hanya dua tahun Mgr Pujasumarta menjadi Uskup Bandung. Sejak itu, kursi uskup tidak ada yang menduduki.

Rupanya ini kekosongan yang paling lama dibanding kekosongan uskup di Ketapang dan Tanjung Karang pada 2012 yang masing-masing hanya tiga bulan dan satu tahun setelahnya baru ada uskup.

Kini, dengan penuh sukacita dan hati yang berbunga umat di Keuskupan Bandung menerima uskup baru. “Dengan penuh syukur, kami mengabarkan bahwa baru saja, tepat pukul 12.00 waktu Roma (17.00 WIB), Bapa Paus Fransiskus mengumumkan pengangkatan Pastor Antonius Subianto Bunyamin OSC, Provinsial Ordo Salib Suci sebagai Uskup Keuskupan Bandung yang baru,” ujar Pastor Eddy.

Sumber: mirifica.net

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi