UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Tanjung Selor diangkat jadi uskup agung Samarinda

Pebruari 18, 2015

Uskup Tanjung Selor diangkat jadi uskup agung Samarinda

Mgr Yustinus Harjosusanto MSF

 

Sejak meninggalnya Uskup Agung Samarinda Mgr Florentinus Sului MSF pada Juli 2013, praktis ‘takhta’ kepemimpinan keuskupan agung Samarinda, Kalimantan Timur mengalami kekosongan.

Pada akhirnya, Takhta Suci mengangkat Pastor Yohanes Ola Keda menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Agung Samarinda untuk menjalankan pelayanan pastoral di keuskupan agung itu.

Pada Senin (16/2/2015), Paus Fransiskus secara resmi mengangkat Uskup Tanjung Selor Mgr Yustinus Harjosusanto MSF menjadi uskup agung Samarinda. Kini Keuskupan Tanjung Selor, Kalimantan Utara, mengalami kekosongan uskup.

Keuskupan agung Samarinda memiliki tiga kevikepan – Mahakam Pantai, Mahakam Tengah dan Mahakam Hulu.

Keuskupan agung Samarinda memiliki 3 keuskupan sufragan – Keuskupan Tanjung Selor, Keuskupan Banjarmasin dan Keuskupan Palangkaraya. Tahun 2004 tercatat keuskupan agung itu  terdiri dari 25 paroki, dilayani oleh 35 imam untuk 135.000 umat Katolik.

Lahir di Magelang, Jawa Tengah, 5 September 1953, Mgr Harjosusanto menerima tahbisan imamatnya pada 6 Januari 1982, dan ditahbiskan menjadi uskup Tanjung Selor, pada 14 April 2002.

Uskup Harjosusanto saat ini menjabat Ketua Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).
(mirifica.net/UCAN Indonesia)

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi