UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Apakah yoga bertentangan dengan spiritualitas Kristen?

Mei 15, 2017

Apakah yoga bertentangan dengan spiritualitas Kristen?

Mahasiswa India memperagakan yoga pada Hari Yoga Sedunia di Chennai, 21 Juni , 2016. (Arun Sankar/AFP)

Saya seringkali dihubungkan dengan master yoga yang diakui secara global B.K.S. Iyengar sejak 1968, setahun setelah saya ditahbiskan sebagai pastor Katolik untuk Keuskupan Agung Bombay.

Ajaran yoga Iyengar tidak pernah menimbulkan konflik, terutama berkenaan dengan praktek iman. Dalam pengajaran yoga di lebih dari 40 negara, beberapa kali saya menekankan perbedaan penting antara Iyengar Yoga dan bentuk Yoga lainnya.

Iyengar mengajar yoga sebagai sains dan seni dan pada tahun berikutnya berbagi keahliannya membantu pekerjaannya dengan pengguna narkoba dan orang yang hidup dengan HIV. Banyak sekolah kedokteran di India dan luar negeri, melalui penelitian dan dokumentasi yang ekstensif, telah mengakui metode latihan yoga ini.

Iyengar Yoga telah membantu saya sebagai pastor Katolik selama 49 tahun terakhir. Selanjutnya, sebagai bentuk mengatur kesehatan, telah menjadi instrumen yang unik dan mendukung untuk praktik doa kontemplatif Kristen.

Di masa lalu  pra-Vatikan, praktik spiritualitas terutama di gereja dipengaruhi oleh reaksi post-renaissance  terhadap Protestanisme. Gereja Katolik memperingatkan anggotanya agar berhati-hati  tentang dua jenis praktik yang oleh Martin Luther dan yang lain yang coba untuk menekankan penggunaan tulisan suci dan pentingnya perjumpaan pribadi dengan Tuhan melalui kontemplasi.

Oleh karena itu sebagian besar umat Katolik menjauh dari membaca Kitab suci dan praktik meditasi. Tapi di awal tahun enam puluhan, barat mengalami revolusi “Anak-anak Bunga”. Banyak kaum muda dikecewakan oleh Gereja Katolik dan agama-agama yang terorganisir dan mencari perjumpaan pribadi dengan Tuhan.

Pada waktu itu, Gereja Katolik menyambut baik program pembaharuan yang berasal dari gereja-gereja Pentakosta. Namun, integrasi pembaharuan itu ada dalam ajaran Katolik dan struktur sakramental.

Di sisi lain, ada banyak orang yang datang ke Timur untuk memiliki pengalaman langsung tentang Tuhan. Mereka pergi ke berbagai Hindu Ashram dan berbagai jenis praktik spiritual, beberapa dari mereka menemukan seorang biarawan Benediktin Katolik yang tinggal lebih dari 40 tahun di tepi sungai Kaveri di Tiruchirapalli di Tamil Nadu.

Biarawan, Pastor Bede Griffith, telah menyerap etos India dan mengintegrasikannya ke dalam Gereja Katolik di India. Dia menyambut baik penggunaan tubuh sebagai bait Roh Tuhan dan membantu beberapa orang muda barat menemukan ajaran asli Yesus di dalam dan melalui Yoga dan bahkan melalui interpretasi Kristen terhadap Bhagvad Gita, salah satu kitab suci Hindu.

Karya agamanya dari perpaduan ini adalah buku berjudul, “The River of Compassion” yang merupakan pembacaan epik Hindu melalui Injil St. Yohanes.

Pada Seminar “Gereja ini India” 1969, yang diadakan dalam semangat Konsili Vatikan II, dia menantang majelis tersebut dengan mengatakan, “Jika gereja di India tidak menanggapi seruan kontemplasi, mungkin kita akan dilibas seperti di Barat.”

Sebagai pastor muda, dia mendorong saya untuk menggunakan ilmu kuno Yoga untuk membantu para pemuda belajar berdoa dengan cara kontemplatif. Kemudian sebagai koordinator Negara untuk persekutuan Komunitas Meditasi Kristen dunia, saya memiliki kesempatan untuk mempresentasikan ajaran ini pada perayaan tahun 2008 di Mt. Orford, Quebec Kanada. Seluruh majelis meminta saya untuk menerbitkan ajaran Yoga untuk doa kontemplatif dalam sebuah DVD dan buku panduan.

Sumbangan paling berharga dari praktik Iyenagar semacam ini adalah untuk membantu orang-orang yang berjuang dengan segala macam kecanduan. Dimasukkannya dimensi psikosomatik yoga dalam program Anonim Alcoholics telah memberikan kontribusi besar terhadap pemulihan kecanduan di seluruh dunia.

Seseorang sekarang akan bertanya-tanya mengapa sebagian umat Katolik dan terutama yang disebut “terlahir kembali” orang Kristen ragu untuk berlatih yoga. Beberapa bahkan mengutuk yoga sebagai setan.

Sangat jelas bahwa ini tidak seperti Gereja Katolik menurut Konsili Vatikan II dimana gereja menganut ajaran agama-agama dunia dan bahkan merekomendasikan integrasi dimensi spiritual yang ada di dalamnya.

Masalahnya muncul dengan beberapa fundamentalis yang lebih suci dan ingin lebih “Katolik daripada Paus.” Melalui prasangka mereka, mereka menganggap semua ungkapan iman lainnya sebagai setan dan mengutuk penggunaan Yoga.

kita bisa menggambar paralel dengan sikap seperti itu terhadap pembaharuan praktik Karismatik. Sementara asal mula pembaharuan ini berasal dari Pentakosta, mereka tidak ingin diidentifikasi sebagai “Pentakosta.”

Demikian pula, yoga berasal dari etos Hindu, praktik yoga seperti praktik Iyengar tidak dapat diidentifikasi dengan keseluruhan praktik yoga kultus. Oleh karena itu, jika keberatan orang-orang Kristen yang mempraktikkan yoga karena berasal dari keseluruhan praktik ortodoks dan kultis, kita akan sepenuhnya setuju dengan mereka.

Praktik yoga ortodoks hari ini ditegaskan oleh ilmuwan perilaku terkenal di dunia seperti Dr. Herbert Benson dari Harvard Medical School. sekrang, dalam konferensi dunia  tentang “iman dan penyembuhan” penggunaan yoga semakin menonjol. Konsep “respon relaksasi” yang merupakan “Efek Savasana” adalah awal penyembuhan banyak stres yang disebabkan penyakit dari batuk sederhana dan dingin hingga kanker.

Prinsip dasar yoga seperti yang dijelaskan oleh ilmuwan barat sama dengan undangan Yesus saat dia berkata: “Datanglah kepadaKU kalian semua yang bekerja dan terbebani, dan saya akan memberi kalian istirahat.”

Benson dalam bukunya baru-baru ini mengatakan bahwa disiplin timur semacam itu (kebanyakan yoga) telah membuat kita sadar bahwa otak kita terhubung dengan Tuhan. Ketika dalam tahap akhir relaksasi seseorang mengalami efek “oksida nitrat”, orang menemukan penyebut umum untuk apa yang oleh ilmuwan disebut “remisi spontan,” dengan kata lain, keadaan yang menggembirakan.

Sebagai seorang Yogi Kristen dalam praktik pastoral saya, saya melihat perpaduan keduanya. Melalui latihan yoga dan meditasi seseorang sampai pada keadaan “kegembiraan” ini dan juga dengan praktik Pembaruan Karismatik.

Seperti yang dikatakan oleh Pastor Anthony De Mello (1931-1987) seorang Jesuit, “Hati yang penuh dengan ucapan syukur penuh dengan kegembiraan.” Dalam yoga ini terjadi tepat ketika seseorang mencapai selubung utama tubuh yang disebut Anandamaya Kosha (tubuh yang penuh kebahagiaan).

Pada semua yoga  akhir pekan di banyak negara barat di mana kaum muda telah meninggalkan gereja, saya merayakan Ekaristi dan membuat mereka kembali ke gereja. Ironisnya, saya telah mampu menginjili mereka melalui disiplin indah yang memenuhi panggilan dari Yogi Tertinggi saya, Yesus, yang berkata: “Jika Anda ingin menjadi muridKu, sangkallah diri Anda, angkat salibmu dan ikuti saya.”

Akhirnya, sebagai imam yang setia pada Gereja Katolik, sangat membesarkan hati mendengar ajaran resmi tentang Yoga dan Kekristenan, penggunaan tubuh dalam doa, oleh Pastor Anton Witwan, SJ dari Institut Spiritualitas,  Universitas Kepausan Gregorian Roma, ” Roma locuta est Causa finite est.”

 

Tinggal di Mumbai, Pastor Joseph Pereira adalah praktisi dan pengajar yoga. Ia juga mengelola Kripa Foundation untuk membantu proses penyembuhan mereka yang tergantung pada obat-obatan dan HIV/AIDS.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi