UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Filipina Turut Mendukung Kesepakatan Vatikan-Cina

September 25, 2018

Uskup Filipina Turut Mendukung Kesepakatan Vatikan-Cina

Uskup Novaliches, Filipina, Mgr Teodoro Bacani Jr. mengatakan kesepakatan antara Vatikan dan Cina merupakan perkembangan positif. (Melo Acuna)

Seorang uskup Filipina menyambut baik kesepakatan antara Vatikan dan China yang menghapus status tidak sah dari tujuh uskup yang ditahbiskan tanpa persetujuan Vatikan.

Uskup Teodoro Bacani Jr., Prelatus Emeritus dari Keuskupan Novaliches, mengatakan bahwa “gereja harus bekerja dalam kerangka apa yang mungkin dan sah.”

“Vatikan telah memilih cara ini, dan itu adalah perkembangan positif,” katanya kepada ucanews.com.

Ketika ditanya tentang reaksi yang mungkin terjadi dari beberapa umat Katolik, Uskup Bacani mengatakan bahwa “tidak ada dasar yang sah untuk tidak menyetujui perjanjian itu karena persyaratan kanonik akan dibuat oleh paus.”

Dia mengatakan pentahtaan  dan pentahbisan para uskup hanya akan diberikan kepada mereka yang diakui oleh paus, dan lebih lanjut ia menambahkan bahwa itu penting “dan bahkan konservatif akan setuju.”

Dalam sebuah pengumuman pada akhir pekan, Vatikan mengatakan para wakil Tahta Suci dan pemerintah Cina telah menandatangani apa yang mereka gambarkan sebagai “perjanjian sementara” tentang penunjukan uskup.

“Dengan maksud untuk mempertahankan penyebaran Injil di China, Bapa Suci Paus Fransiskus  memutuskan untuk kembali ke persekutuan gerejawi penuh yang tersisa dari para uskup ‘resmi’ yang ditahbiskan tanpa mandat kepausan,” kata Vatikan dalam sebuah pengumuman.

Pengangkatan para Wali Gereja  di China terus bermasalah sejak Tiongkok memutuskan hubungan diplomatik dengan Takhta Suci pada tahun 1951.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi