UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Mantan Provinsial OMI Diangkat Jadi Uskup Agung Cotabato

Nopember 7, 2018

Mantan Provinsial OMI Diangkat Jadi Uskup Agung Cotabato

Mgr Angelito Lampon OMI dari Vikariat Jolo, diangkat menjadi Uskup Agung Cotabato, Mindanao (Angie de Silva)

Vatikan telah mengumumkan pengangkatan Uskup Angelito Lampon OMI dari Kevikepan Jolo di Propinsi Sulu sebagai uskup baru Keuskupan Agung Cotabato di Filipina bagian selatan.

Pengumuman itu disampaikan di Roma pada Selasa (6/11) setelah Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Kardinal Orlando Quevedo dari Cotabato.

Kardinal Quevedo, 79, mengajukan pengunduran diri pada 2014 setelah menginjak usia pensiun, namun Paus Fransiskus belum menerima pengunduran dirinya saat itu.

Paus Fransiskus mengangkat Mgr Quevedo sebagai kardinal – yang pertama dari Mindanao – dua bulan sebelum ia menginjak usia 75 tahun.

Seperti Kardinal Quevedo, Mgr Lampon juga lahir di Propinsi Cotabato pada 1950.

Uskup agung Cotabato yang baru itu mengenyam pendidikan filsafat di Seminari Tinggi San Jose dan pendidikan teologi di Sekolah Teologi Loyola di Manila.

Mgr Lampon ditahbiskan sebagai imam pada 26 Maret 1977. Ia menjadi superior provinsial Kongregasi OMI pada 1988 dan menjadi konselor umum di Roma pada 1992.

Ia diangkat sebagai vikaris apostolik Jolo pada 1997. Pada 2012, Paus Benediktus XVI mengangkatnya untuk menduduki jabatan dalam Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama yang berbasis di Roma.

Sementara itu, Kardinal Quevedo akan meninggalkan Keuskupan Agung Cotabato yang memiliki 87 imam diosesan dan imam religius dan lebih dari seratus biarawati.

Sebagai kardinal ke-8 dari Filipina, ia pernah menjabat sebagai duta khusus Paus Fransiskus untuk perayaan ke-150 “Umat Kristen Tersembunyi di Jepang” pada Maret 2015.

Paus Fransiskus juga mengutus Kardinal Quevedo untuk membeatifikasi 17 martir dari Laos pada Desember 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi