UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

TV Pakistan Hapus Cuplikan Drama Setelah Protes Umat Katolik

Nopember 8, 2018

TV Pakistan Hapus Cuplikan Drama Setelah Protes Umat Katolik

Pastor Saleh Diego, vikjen Keuskupan Agung Karachi, memimpin protest terhadap drama Geo TV dengan judul Maria Bint e Abdullah di luar Karachi Press Club, 29 Oktober. (Foto: Ayyaz Gulzar/ucanews.com)

Saluran hiburan Pakistan Geo TV telah meminta maaf kepada minoritas Kristen di negara itu karena trailer seri drama terbaru mereka yang dikatakan telah mempromosikan perpindahan agama.

Mereka juga menarik cuplikan drama itu dan meyakinkan orang Kristen bahwa drama Maria Bint e Abdullah tidak akan menyentuh sentimen agama.

Permintaan maaf datang saat pertemuan antara para pemimpin Kristen dan para eksekutif Geo TV di Katedral Santo Patrick di Karachi pada 31 Oktober.

Geo TV baru-baru ini merilis cuplikan atau trailer yang menunjukkan Maria, putri seorang perempuan Kristen dan seorang ayah Muslim. Trailer dimulai dengan gambar-gambar Katedral Hati Kudus di Lahore, Yesus dan Maria yang tersalib menangis dengan rosario di tangannya.

Hak ini memicu reaksi dari orang Kristen Pakistan yang merasa bahwa drama itu akan menunjukkan bahwa agama Kristen lebih rendah daripada Islam.

Demonstrasi diselenggarakan oleh komunitas Kristen di bawah koordinasi Komisi Nasional Keadilan dan Perdamaian Konferensi Waligereja Pakistan (NCJP) pada 29 Oktober di Karachi.

Pada pertemuan tersebut, Pastor Saleh Diego, vikjen Keuskupan Agung Karachi dan direktur NCJP Karachi, mengatakan kepada perwakilan Geo TV bahwa banyak gadis non-Muslim di Pakistan dipaksa untuk pindah agama, seorang gadis Hindu di bawah umur baru-baru ini diculik oleh seorang Muslim dan dipaksa untuk menikah dengannya.

“Jenis drama TV ini menciptakan kebencian dan rasa sakit di hati minoritas di Pakistan,” tambahnya.

Pastor Mario Rodrigues, kepala Katedral Santo Patrick, mengatakan serial drama baru-baru ini yang menunjukkan gadis-gadis Kristen yang menikahi Muslim adalah “tindakan yang buruk dan kejam.”

Kashif Anthony, koordinator dan sekretaris NCJP Karachi, mengingatkan delegasi bahwa setiap kali seseorang menghina Muslim atau Islam di mana pun di dunia, orang Kristen Pakistan dan minoritas lainnya berdiri di samping Muslim untuk memprotes dan mendukung Islam sebagai agama damai.

“Kami mendukung dan memberi ucapan selamat kepada semua umat Islam di dunia atas keputusan terbaru Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa di mana dikatakan bahwa menghina Nabi Muhammad melebihi batas kebebasan berekspresi yang diizinkan,” katanya.

“Dengan cara yang sama, kami menuntut bahwa semua agama dan kepercayaan di Pakistan baik kalangan Muslim yang mayoritas harus dihormati dan diberi hak penuh untuk hidup dan mempraktikkan agama mereka.”

Para eksekutif Geo TV mengeluarkan pernyataan bersama di mana mereka mengatakan mereka merasakan penderitaan komunitas Kristen atas trailer drama TV.tersebut.

Direktur Pelaksana, Abdullah Kadwani, meyakinkan seluruh komunitas Kristen bahwa masalah ini akan terselesaikan. Perusahaan akan segera mengirim surat kepada komunitas Kristen untuk memperjelas bahwa drama tidak mengandung apa pun yang dapat menyinggung sentimen agama.

“Geo TV lebih lanjut  akan memastikan bahwa seluruh drama sesuai dengan kode etik yang disetujui dan tidak melukai sentimen agama, terutama dalam kaitannya dengan simbol agama dan penggunaannya,” kata perusahaan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi