UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus Nyatakan Mgr Obviar ‘Venerable’

Nopember 12, 2018

Paus Fransiskus Nyatakan Mgr Obviar ‘Venerable’

Uskup Alfredo Maria Aranda Obviar meninggal tahun 1978 pada usia 89. (Foto: CBCP News)

Paus Fransiskus mempercepat penganugerahan beatifikasi kepada mendiang uskup Filipina Mgr Alfredo Maria Aranda Obviar dengan memberikan dia gelar  “venerable.”

Pengakuan Paus atas pendiri Katekis Misionaris St. Theresia dari Kanak – Kanak  Yesus membuat mendiang uskup itu dua langkah lagi  menuju  proses menjadi santo.

Gelar venerable (Yang Terhormat) adalah tahapan ketiga -dari lima tahapan- sebelum seseorang menjadi santo atau santa. Gelar berikutnya adalah ‘blessed’ (Yang Terberkati) dan terakhir adalah santo.

Mgr Obviar, yang meninggal pada 1978 pada usia 89 tahun, dinyatakan sebagai “Hamba Tuhan” pada Maret 2001.

Agar dia dapat dibeatifikasi, Vatikan harus mengakui mukjizat yang dikaitkan dengan Perantaraan  Mendiang uskup itu. Keajaiban lain akan diperlukan untuk kanonisasi.

Keuskupan Lucena mengajukan Mgr Obviar dikanonisasi sebagai Santo. Kongregasi untuk Penganugerahan Santo – Santo memberikan Nihil Obstat (pernyataan tanpa keberatan) atas penyelidikan keuskupan ke dalam kehidupannya pada tahun 2001.

Keputusan validitas proses dikeluarkan pada tahun 2007, dan pada tahun 2014, sebuah “positio,” atau kertas posisi resmi tentang kehidupan mendiang prelatat telah diajukan untuk ditinjau.

Lahir di kota Lipa –  provinsi Batangas, Mgr Obviar ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1919. Ia diangkat sebagai uskup pembantu Keuskupan Lipa pada tahun 1944.

Pada tahun 1969, ia diangkat sebagai uskup yang Berkuasa Penuh Keuskupan Lucena, jabatan yang ia embani sampai masa pensiunnya tahun 1976.

“Ini adalah berita bagus bagi kami,” kata Uskup Arturo Bastes dari Keuskupan Sorsogon. “Kami percaya bahwa Mgr Obviar adalah orang suci yang menderita dalam keheningan dan landasan iman  yang diberkati oleh Tuhan,” tambahnya.

Mgr Honesto Ongtioco menggambarkan mendiang prelatus itu sebagai “pekerja diam di gereja.”

Mgr Obviar adalah seorang Bapa Konsili pada Sidang pertama Konsili Vatikan Kedua.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi