UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Di Taiwan, Pastor Indonesia Buat Kandang Natal Ramah Lingkungan

Desember 14, 2018

Di Taiwan, Pastor Indonesia Buat Kandang Natal Ramah Lingkungan

Pastor Stefanus Buduanto SVD, kepala paroki Kristus Raja Fengshan berdiri di samping kandang Natal ramah lingkungan yang dibuat oleh umat parokinya di Fengshan,  keuskupan Kaohsiung, Taiwan.

Sebuah kandang Natal ramah lingkungan secara khusus dibangun di Gereja Kristus Raja, Fengshan,  keuskupan Kaohsiung, Taiwan bagian selatan untuk menambah suasana perayaan Natal.

Pastor Stefanus Budianto SVD, pastor paroki Kristus Raja, berinisiatif membuat kandang Natal tersebut dengan melibatkan umat Katolik paroki setempat.

Kandang Natal itu dibuat berdasarkan sebuah foto dari sebuah gereja di Surabaya yang menggunakan botol-botol bekas. Pada pertemuan paroki itu pada pertengahan Oktober, imam itu  menyarankan umat paroki  membuat kandang Natal ramah lingkungan dengan menggunakan botol-botol bekas.

Menanggapi usulan imam itu, umat Katolik paroki itu mengumpulkan 2.000 botol plastik bekas dalam 30 hari.

Puluhan anggota kelompok kategorial  seperti  Wanita Katolik, Dewan Kerasulan Awam, Legio Mariae dan Mudika paroki itu membersihkan botol-botol tersebut setelah Misa Hari Minggu untuk membuat kendang Natal.

Pada 8 Desember, Hari Raya SP Maria Dikandung Tanpa Dosa, Pastor Budianto memberkati kandang Natal itu,  yang ditempatkan di samping kiri altar.

Pastor Budianto, seorang etnis Tionghoa- Indonesia, pertama kali melayani sebagai imam di Surabaya. Kongregasi imam itu mengirimnya ke Taiwan. Kini ia sudah 12 tahun menjadi imam misionaris di negara itu.

Margarita Chen, Kaohsiung, Taiwan

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi