UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Dukung Indonesia Berantas Illegal Fishing 

Desember 14, 2018

Paus Dukung Indonesia Berantas Illegal Fishing 

Paus Fransiskus memberikan hadiah kepada Menteri Susi Pudjiastuti di Vatikan.

Paus Fransiskus mengungkapkan dukungannya kepada  Indonesia melawan illegal fishing selama pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Vatikan.

Susi, yang bertemu paus pada 12 Desember, telah dinilai menimbulkan kontroversi atas pendekatannya menghadapi illegal fishing, yang mana ia mengatakan persediaan ikan yang menurun serius dan  merusak ekologi.

Sebagai bagian dari kampanyenya, ia memerintahkan pasukan keamanan untuk menangkap dan menenggelamkan ratusan kapal ikan, baik lokal maupun asing, yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

Sebanyak 448 kapal telah ditenggelamkan sejak ia menjabat di kementerian tersebut pada  Oktober 2014.

Sebanyak 125 kapal kebanyakan asing ditenggelamkan  pada Agustus di 11 lokasi di seluruh Indonesia.

Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia, Uskup Agung Piero Pioppo, mengundang Menteri Susi ke Vatikan pada Oktober lalu ketika ia menghadiri Our Ocean Conference (OOC) di Bali.

Konferensi itu fokus pada cara-cara memelihara dan menjaga kelautan yang berkelanjutan.

Susi mengatakan Paus Fransiskus meminta dia  untuk melanjutkan apa yang sedang ia lakukan dan berdoa bagi  dia untuk mensukseskan perjuangannya.

Vatikan juga setuju untuk mendukung Indonesia tentang isu-isu lingkungan laut di  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Saya sangat senang karena kita memiliki teman baru untuk mendukung perikanan,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia juga mengundang paus mengunjungi Indonesia.

Setelah bertemu Paus Fransiskus, Susi  mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Vatikan Uskup Agung Paul Richard Gallagher selama  30 menit untuk membahas  upaya-upaya untuk mengatasi illegal fishing dan “perbudakan” dalam industri tersebut.

Paus Fransiskus sering bersuara terkait  keprihatinannya atas isu-isu lingkungan, termasuk isu kelautan, dan menyerukan umat manusia untuk melakukan aksi konkret untuk menyelamatkan bumi  melalui ensikliknya, Laudato Si’, yang dikeluarkan tahun 2015.

Pastor Peter Aman OFM, direktur JPIC OFM Indonesia, mengatakan paus mengundang Menteri Susi ke Vatikan karena ia telah mengimplementasikan sesuai dengan ensikliknya.

“Ini adalah kemenangan dan dukungan moral buat kerja nyata bu Susi, yang harus didukung,” kata imam itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi