UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Polisi Usut Perusakan Kuburan di Magelang

Januari 4, 2019

Polisi Usut Perusakan Kuburan di Magelang

Beberapa salib makam orang Kristen di TPU Giriloyo di Magelang, Jawa Tengah, dirusak. (Foto: Kepolisian Magelang)

Pihak kepolisian melakukan investigasi terkait kasus perusakan kuburan di tempat pemakaman umum (TPU) di Magelang, Jawa Tengah.

Setidaknya 11 kuburan di TPU Girilyo dirusak sekitar akhir Desember. Tujuh kuburan lainnya di dua TPU di Kecamatan Magelang Selatan juga dirusak.

Perusakan ini, termasuk penghancuran terhadap salib, terjadi hanya dua pekan setelah kelompok Muslim memaksa agar bagian atas salib di kuburan seorang Katolik dipotong sebelum dikemukikan di TPU di Yogyakarta.

Kristanto Yoga Darmawan, Kapolres Kota Magelang mengatakan, mereka sedang mengumpulkan bukti kasus ini dari lokasi, termasuk rekaman CCTV, penjaga TPU dan warga sekitar.

Ia mengatakan, mereka melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam penanganan kasus ini agar masyarakat tidak secara prematur mengambil kesimpulan bahwa pelaku dari agama tertentu, di tengah situasi persaingan politik yang memanas menjelang pemilihan umum April mendatang.

Islamiyah, seorang petugas kebersihan di TPU itu mengatakan kepada Kantor Berita Antara bahwa rata-rata nisan rusak parah.

Bahkan, katanya,  ada salah satu makam yang bagian atasnya yang terbuat dari beton dicongkel.

“(Hal seperti ini) belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Ia menjelaskan, Saat Natal banyak warga yang ziarah ke kuburan dan dan kondisi kuburan-kuburan itu masih utuh.

Ismudiyono, Wakil Ketua FKUB Kota Magelang mengatakan, mereka akan menggelar pertemuan dengan tokoh agama membahas masalah ini.

Sementara itu, Pendeta Palti Panjaitan, Ketua Sobat KBB mengatakan, jika pelakunya memiliki motif agama, maka “ini bisa jadi gambaran intoleransi yang semakin menguat.

“Bisa juga ini sebuah provokasi untuk memecah belah umat beragama,” katanya.

Ia menegaskan, selain menegakkan hukum, kata dia, pemerintah mesti terus -menerus mendidik masyarakat agar menerima keberagaman, termasuk agama.

One response to “Polisi Usut Perusakan Kuburan di Magelang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi