UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Bogor Imbau Umat Agar Gunakan Hak Pilih

Januari 23, 2019

Uskup Bogor Imbau Umat Agar Gunakan Hak Pilih

Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM

Uskup Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM, meminta seluruh umat Katolik di wilayahnya untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu, 17 April mendatang.

Hal itu ia sampaikan dalam surat kepada para pastor paroki, di mana ia meminta agar ajakan ini mesti disampaikan dalam Misa setiap hari Minggu.

“Pesan ini mohon disampaikan sebagai salah satu isi pengumuman Gerejani setiap Hari Minggu. Pengumuman dimulai pada Hari Minggu, 20 Januari 2019,” demikian isi surat Mgr Paskalis.

Ada dua pesan pokok yang menurut dia mesti disampaikan kepada umat.

Pertama, “umat dihimbau untuk tidak bepergian ke kota lain saat Pemilu 17 April 2019 agar bisa ikut mencoblos.”

Kedua, “gunakanlah hak memilih Anda dan pilihlah pemimpin yang terbaik bagi bangsa kita.”

Pada 17 April akan digelar pemilihan umum, di mana secara serentak memilih presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari tingkat daerah sampai pusat serta pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Kursi presiden akan direbut olen inkumben Joko Widodo yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin berhadapan dengan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Untuk calon anggota DPR RI, tercatat terdapat 7.968 caleg, 151 di antaranya Katolik, yang akan berjuang memperebutkan 575 kursi.

Tidak hanya Keuskupan Bogor, sejumlah Keuskupan lain di seluruh Indonesia juga sudah menyampaikan pernyataan publik terkait penyelenggaran Pemilu.

Di Keuskupan Ruteng misalnya, dalam sidang pastoral pada awal bulan ini yang mengangkat tema tentang tahun pelayanan atau diakonia, secara khusus juga ada imbauan terkait Pemilu.

Beberapa hal yang ditegaskan, antara lain, “menjaga agar mimbar Gereja tidak disalahgunakan untuk kepentingan propaganda politis, melawan praktik politik uang dan politik primordial, serta memilih calon pemimpin bangsa yang berwawasan kebangsaan dan teruji dalam memperjuangkan kesejahteraan bangsa serta hak asasi manusia.”

Dalam hasil sinode itu umat juga diajak “memilih calon-calon legislatif yang berkompeten, berintegritas dan berasal dari partai politik yang sungguh memperjuangkan empat pilar kehidupan bangsa dan negara (Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika), kedamaian dan toleransi dalam kehidupan bangsa yang majemuk, serta menolak semua bentuk fanatisme, sektarianisme, diskriminasi, radikalisme, dan ekstremisme.”

Para klerus diminta “memperjuangkan politik nilai Kristiani, seraya menghindari keterlibatan dalam politik kekuasaan, misalnya dengan menjadi tim sukses dari calon tertentu.”

Sementara itu, untuk umat diharapakan “terlibat secara aktif dan kritis mengupayakan Pemilu yang jujur, adil, dan demokratis serta menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam perbedaan pilihan politik yang terjadi.”

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi