UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Mgr Kornelius Sipayung OFMCap Resmi Memimpin Keuskupan Agung Medan

Pebruari 4, 2019

Mgr Kornelius Sipayung OFMCap Resmi Memimpin Keuskupan Agung Medan

Duta Besar Vatikan Mgr. Piero Pioppo menumpangkan tangan atas Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap sebagai Uskup Agung Medan yang baru, menggantikan Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM Cap pada Sabtu, 2 Feb. (Foto: KOMSOS KWI)

Diperkirakan sekitar 14.000 umat menghadiri acara pentahbisan Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap yang di diselenggarakan 2 Februari di Gedung Serbaguna Jalan Wiliam Iskandar, Medan, Sumatera Utara.

Selain umat, turut hadir dalam acara tersebut adalah para uskup dari seluruh Indonesia, para imam Keuskupan Medan, pejabat pemerintah, TNI, Polri, perwakilan gereja-gereja Kristen serta perwakilan agama lain, demikian laporan Tribunnews.com.

Upacara tahbisan dipimpin Duta Besar Vatikan Mgr Piero Pioppo didampingi dua uskup penahbis lainnya serta para uskup dan para imam yang berjumlah sekitar 300 orang.

 

Siapakah Mgr Kornelius Sipayug? 

Paus Fransiskus mengumumkan penunjukkan Pastor Kornelius Sipayung OFMCap sebagai pengganti Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap yang sudah memasuki usia pensiun pada 8 Desember lalu.

Saat penunjukkan itu, Mgr. Kornelius masih berusia 48 tahun dan menjabat sebagai Provinsial untuk Kapusin Medan.

Lahir pada 26 Agustus 1970 di Bandar Hinalang-Kabanjahe, Provinsi Sumatera Utara, Mgr. Kornelius  mulai menapaki jalan panggilan dengan masuk Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar.

Ia ditahbiskan menjadi imam pada 11 Desember 1999 dan ditempatkan menjadi pastor paroki di Kabanjahe.

Pada tahun 2002, ia mendapat mandat untuk studi teologi dogmatik di Universitas Gregoriana, Roma. Kembali dari Roma, ia mengajar sejumlah mata kuliah terkait teologi di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Pematangsiantar.

Pada 2015, ia terpilih menjadi Provinsial Kapusin Medan dan terpilih kembali tahun ini untuk periode kedua, tugas yang mesti diembannya hingga 2021.

Uskup terpilih Sipayung adalah juga anggota Komisi Teologi Konferensi Waligereja Indonesia dan anggota Konferensi Kapusin se-Asia Pasifik.

 

Moto: Allahku dan Segalaku

 

Moto Mgr Kornelius Sipayung, OFMCap adalah Deus Meus Et Omnia (Allahku dan segalaku) atau seperti yang diungkapkan oleh Thomas Rasul ketika melihat Yesus yang bangkit dan kemudian percaya: Ya Tuhanku dan Allahku.

Moto ini menandakan kekaguman pada kebesaran Tuhan, sekaligus ketidakberdayaan manusia dihadapanNya.

Hal ini tidak terlepas pula dari spiritualitas Santo Fransiskus bahwa manusia harus merendahkan diri di hadapan Tuhan.

 

Misa perdana

Misa perdana Mgr Kornelius Sipayung OFM.Cap dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Februari di Gereja Katedral Medan.

Sebelum Misa pertama dilakukan terlebih dahulu diadakan penyerahan tongkat dari pendahulunya Mgr Anicetus Sinaga, OFM.Cap.

“Monsinyur Kornelius Sipayung, kini tongkat kegembalaan secara penuh berada pada Anda. Selamat melayani Gereja Keuskupan Agung Medan ini, yang diawali dengan memimpin Ekaristi hari ini, ”kata Mgr Sinaga seperti ditulis media Konferensi Waligereja Indonesia, Mirifica.net.

Berdasakan data tahun 2014, Keuskupan Agung Medan memiliki jumlah umat sekitar 532,058 jiwa.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi