UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan: Gereja Katolik Sudah Menjadi Bagian Integral dari Sejarah Cina

Maret 19, 2019

Vatikan: Gereja Katolik Sudah Menjadi Bagian Integral dari Sejarah Cina

Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, mengatakan Gereja Katolik sudah menjadi bagian penting dari masyarakat Cina (Foto oleh Sergei Gapon/LCI/ucanews.com)

Gereja Katolik di Cina merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sejarah negara itu dan dapat memainkan peran utama dalam mempromosikan kebaikan bersama semua warganya, kata Kardinal Pietro Parolin, sekretaris negara Vatikan.

“Gereja Katolik di Cina bukan ‘orang asing’ tetapi bagian tak terpisahkan dan aktif dari sejarah Cina dan dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih harmonis dan menghormati semua orang,” tulis kardinal dalam kata pengantar buku yang akan segera diluncurkan “The Church in China: A New Departure” (Gereja di Cina: Sebuah Babak Baru.)

Buku yang diedit oleh Pastor Antonio Spadaro, SJ, editor La Civiltà Cattolica, muncul pada saat babak sejarah baru hubungan antara Tahta Apostolik dan Cina, setelah penandatanganan perjanjian sementara mengenai pengangkatan uskup yang terjadi di Beijing lalu September.

Buku ini muncul dari “Forum Cina untuk Dialog Peradaban,” sebuah kolaborasi antara La Civiltà Cattolica dan Universitas Georgetown. Buku ini menampilkan berbagai studi yang telah muncul selama dua tahun terakhir di La Civilità Cattolica.

Pembaca akan disajikan dengan wawasan intelektual dan eklesial yang unik melalui budaya, masyarakat, dan spiritualitas Cina saat ini.

“Saya menggarisbawahi bahwa hubungan baru yang diinginkan dengan Cina sedang disusun dan dilaksanakan bukan tanpa rasa takut, karena mereka menyangkut Gereja, sesuatu tentang Tuhan, hanya sejauh mereka ‘fungsional’ untuk kebaikan umat Katolik Cina, untuk kebaikan dari seluruh rakyat Tiongkok, dan untuk keharmonisan seluruh masyarakat, ”tulis Kardinal Parolin.

Siaran pers untuk peluncuran buku pada 25 Maret itu menyebutkan bagaimana Paus Fransiskus telah mengantarkan era baru dialog antara Tahta Suci dan Republik Rakyat Cina dan bagaimana -meskipun ada hubungan yang rumit sejak kedatangan agama Kristen di abad ke-7- perjanjian sementara itu memberikan kesempatan untuk memulai babak baru.

Pada tanggal 25 Maret nanti di Villa Malta di Roma Pastro Spadaro akan menjadi moderator diskusi tentang tema-tema ini yang dieksplorasi dalam buku barunya.

Peserta akan termasuk Mgr. Claudio Maria Celli, Presiden Emeritus dari Dewan Kepausan untuk Komunikasi Sosial, dan Pastor Arturo Sosa, Pemimpin Umum Serikat Yesus.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte akan memberikan sambutan penutup.

Acara ini, disponsori bersama oleh Forum Cina untuk Dialog Peradaban, bertepatan dengan kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Roma.

Teks kata pengantar Kardinal Pietro Parolin untuk buku Gereja di Cina dapat dilihat pada tautan ini: The Church in China

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi