UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Filipina Siaga Menyambut Perayaan Pekan Suci

April 10, 2019

Filipina Siaga Menyambut Perayaan Pekan Suci

Pekan Suci secara resmi dimulai pada Hari Minggu Palma Diana umat Katolik Filipina menghadiri Misa di gereja-gereja dengan membawa daun palma. (Foto: Angie de Silva)

Umat Katolik Filipina bersiap-siap untuk perayaan Pekan Suci tahun ini, dimana pihak berwenang di ibukota Manila akan mengerahkan 11.600 aparat kepolisian untuk menjaga terminal-terminal bus, pelabuhan udara dan laut, gereja-gereja, dan tempat-tempat ziarah lainnya.

Mayjen Guillermo Eleazar, kepala Kepolisian Metro Manila, mengatakan semua perjalanan sudah dibatalkan dan kewaspadaan telah dideklarasikan di ibukota itu untuk melindungi  para peziarah, meskipun tidak ada ancaman keamanan yang dilaporkan sejauh ini.

“Kami belum menerima ancaman yang mengganggu Pekan Suci, namun kita harus tetap waspada,” kata Eleazar.

Para pemimpin Gereja di Manila sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk memastikan keselamatan umat seraya mengharapkan agar aparat keamanan menjaga gereja selama Pekan Suci.

Pekan lalu, Polisi Metro Manila mengadakan simulasi serangan bom dan penembakan di depan katedral Manila dan di Gereja San Agustin.

Monsignor Hernando Coronel, kepala paroki di kota Quiapo, mengatakan paroki itu sedang mempersiapkan peringatan Pekan Suci.

“Kami menyerukan kepada para devosan agar mendukung kami dalam mengadakan prosesi keagamaan secara tertib,” kata Pastor Douglas Badong, kepala paroki Quiapo.

Departemen Transportasi mengumumkan bahwa pihaknya telah membuat skema baru di seluruh negara itu untuk menjamin keamanan umat dan para peziarah.

Penjaga Pantai Filipina juga mengerahkan tim-tim tanggap darurat terkait kasus  insiden kelautan dan bahkan biro itu mendesak publik “melayani pasien” dan tidak memuat penumpang berlebihan di perahu-perahu.

Sementara warga yang tinggal di Manila menggunakan hari libur panjang selama Pekan Suci untuk pulang ke kampung halaman mereka, dan Manila tetap menjadi destinasi yang bagus selama liburan karena banyak gereja dan tempat-tempat ziarah.

Pekan Suci di Filipina merupakan sebuah peringatan keagamaan yang bermakna bagi umat Katolik dan Protestan di negara itu karena banyak komunitas mengadakan berbagai ritual yang dipengaruhi oleh Spanyol termasuk prosesi-prosesi keagamaan.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi