UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Kardinal di Korsel Prihatin dengan Aturan Aborsi

April 16, 2019

Kardinal di Korsel Prihatin dengan Aturan Aborsi

Kardinal Andrew Yeom Soo-jung, Uskup Agung Seoul, mengatakan setiap kehidupan manusia harus dilindungi sejak saat pembuahan. (Foto milik Keuskupan Agung Seoul)

Uskup Agung Seoul menekankan doktrin pro-kehidupan Gereja Katolik setelah Mahkamah Konstitusi Korea Selatan memutuskan bahwa larangan aborsi yang saat ini berlaku di negara itu tidak sesuai dengan konstitusi.

Pada 11 April pengadilan menyerukan perubahan undang-undang agar mengizinkan pengguguran pada tahap awal kehamilan.

Sementara beberapa wanita dan organisasi medis menyambut keputusan tersebut karena memberi wanita hak untuk menentukan nasib sendiri, Kardinal Andrew Yeom Soo-jung menggunakan pesan Paskah untuk menyatakan keprihatinannya.

“Suatu negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi kehidupan dan keselamatan rakyatnya dalam keadaan apa pun. Setiap kehidupan, sejak saat pembuahan, harus dilindungi sebagai manusia dan dijamin dengan martabatnya,” katanya.

Sementara mendesak anggota parlemen untuk mengubah undang-undang dengan hati-hati, ia meminta umat beriman untuk menjadi yang pertama memilih kehidupan daripada kematian.

“Kita, umat Allah, hendaknya secara konkret melayani dan berkorban untuk kehidupan. Di antara berbagai kendala dan kesulitan sosial, kita orang Kristen harus dengan tegas menolak budaya dan godaan untuk mati,” katanya.

“Ketika kita, diri kita sendiri, mulai memilih dan menghormati setiap kehidupan apa adanya, kita pasti akan dapat mengalami Tuhan Yang Bangkit yang hidup di sini bersama kita.”

Pesan Paskah Kardinal Yeom akan dibaca pada Malam Paskah, 20 April.

Mereka yang mendukung larangan aborsi mengatakan bahwa keputusan pengadilan melanggar hak untuk hidup bayi yang belum lahir dan telah menghalangi upaya memperjuangkan perlindungan terhadap kehidupan.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi