UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

OMK Timor-Leste Ditantang untuk Maju Secara Akademis dan Spiritual

April 17, 2019

OMK Timor-Leste Ditantang untuk Maju Secara Akademis dan Spiritual

Mahasisa dari Institute Superior Cristal membawa Salib Universitas menuju altar di kaki patung Kristus Raja setinggi 27 meter yang menjadi ikon kota Dili pada 14 April usai perayaan Minggu Palma. (Foto oleh Thomas Ora/ucanews.com)

Perwakilan Vatikan di Timor-Leste, Msgr Marco Sprizzi menantang orang-orang muda, terutama mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan, untuk tidak hanya mencari pengetahuan tetapi juga kecerdasan spiritual, untuk menjadi saksi sejati kasih Kristus.

Monsignor Sprizzi menyampaikan hal itu ketika dia, bersama dengan Uskup Dili Mgr Virgilio do Carmo da Silva, menghadiri acara khusus Orang Muda Katolik pada tanggal 14 April, setelah Misa Minggu Palma, di dekat patung Kristus Raja setinggi 27 meter yang menjadi ikon kota Dili.

Ia mengatakan bahwa kaum muda memiliki tempat yang sangat penting bagi masa depan Timor-Leste dan Gereja Katolik, sehingga mereka harus mempersiapkan diri untuk mengambil peran kepemimpinan di masa depan.

“Namun, tidak cukup hanya tumbuh secara akademis. Penting juga untuk menyeimbangkan ini dengan pertumbuhan rohani, yaitu iman pada Kristus, “katanya.

“Kalian harus memperdalam spiritualitas sehingga ilmu pengetahuan dan iman dapat berjalan berdampingan dalam hidup kalian,” katanya pada pertemuan itu.

Acara ini merupakan acara tahunan penyerahan Salib Universitas. Tahun ini salib itu dipindahkan dari Institute Superior Cristal – dijalankan oleh awam Katolik – ke Universitas Dili.

Salib Universitas merupakan inisiatif dari Uskup Alberto Ricardo da Silva dari Dili yang meninggal pada bulan April 2015, untuk merangkul para mahasiswa ke dalam cinta Kristus.

Salib ditempatkan untuk devosi di universitas yang dipilih setiap tahun.Dili memiliki sembilan Perguruan Tinggi, yang masing-masing memiliki ribuan siswa yang berasal dari 13 distrik di seluruh Timor-Leste.

Uskup Dili saat ini Virgilio do Carmo Da Silva, mengatakan kepada para siswa bahwa Paus Fransiskus memberikan perhatian khusus kepada mereka melalui nasihat apostolik terbarunya “Christus Vivit” (Kristus yang Hidup), yang mengajak kaum muda untuk menjadi seperti Kristus.

“Jangan lari dari tantangan. Sebaliknya, tetaplah lebih dekat dengan Kristus, ”kata uskup itu.

Dia mengatakan Salib Universitas yang datang ke universitas mereka melambangkan Yesus yang selalu ingin menyatu dengan mereka.

“Gereja mengharapkan kalian untuk menjadi saksi Kristus di kampus masing-masing. Karena itu, hendaknya kalian tidak melibatkan diri dalam narkoba, balas dendam atau permusuhan, ”kata uskup.

Belarmino de Sena, 23, seorang mahasiswa sastra Inggris di Universitas Oriental Timor-Leste, devosi kepada Yesus melalui Salib Universitas telah meningkatkan rasa percaya dirinya.

“Orang tua saya adalah petani yang penghasilan utamanya adalah dari menjual jagung, kacang hijau, dan tembakau. Mereka tidak memiliki penghasilan tetap, dan itu memengaruhi studi saya, ”katanya kepada ucanews.com.

“Tetapi doa telah membantu saya tetap fokus pada studi saya, meskipun ada tantangan,” katanya.

Agostinho dos Santos Gonçalves, presiden Yayasan Cristal, mengatakan sejak didirikan 35 tahun yang lalu, lembaga ini telah mendidik lebih dari 45.000 anak muda, yang tidak hanya untuk unggul secara akademis tetapi juga secara spiritual.

“Kami menjadi Kristus sebagai dasar pembentukan kehidupan para siswa,” katanya.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi