UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Perayaan Hari Orang Muda Nasional di Filipina Dimulai

April 25, 2019

Perayaan Hari Orang Muda Nasional di Filipina Dimulai

Ratusan imam dan OMK menghadiri Misa pembukaan perayaan Hari Orang Muda Nasional yang akan berlangsung selama sepekan di Propinsi Cebu, Filipina bagian tengah, pada 24 April. (Foto: Elmarc Lim)

Sekitar 15.000 orang muda Katolik (OMK) menghadiri pembukaan perayaan Hari Orang Muda Nasional tahun ini yang digelar di Propinsi Cebu, Filipina bagian tengah.

Uskup Agung Cebu Mgr Jose Palma menyambut delegasi OMK pada 24 April di gedung olahraga setempat. Ia meminta mereka untuk “percaya pada kenangan akan Allah dan kenangan-Nya bukan hard disk yang menyimpan dan mencatat semua data kita.”

Prelatus itu memasuki gedung olahraga dengan mengendarai sebuah sepeda motor besar menuju panggung.

“Kenangan akan Allah adalah hati yang berbelas kasih,” lanjutnya.

“Orang merasa bahagia jika menghapus semua rekam kejahatan kita. Allah pun menghapus kejahatan dalam hati kita. Ia menghapus dosa-dosa kita,” katanya kepada OMK.

Ia mengatakan perayaan Hari Orang Muda Nasional tahun ini merupakan bagian dari “perayaan akbar” peringatan 500 tahun kedatangan agama Kristen di Filipina yang akan dirayakan pada 2021 nanti.

“Dalam lima hari ke depan, kita bersatu dalam hati dan suara untuk menyampaikan puji syukur kepada Tuhan atas karunia iman yang dianugerahkan sejak agama Kristen datang ke negara kita hampir 500 tahun lalu,” katanya.

Misa pertama seharusnya dirayakan di Filipina bagian tengah di mana Ferdinand Magellan, penjelajah asal Portugis, tiba di sana pada Maret 1521.

“Kita punya alasan untuk nerasa bahagia dan bersyukur kepada Tuhan karena Ia telah menganugerahkan kepada kita berkat-Nya yang indah,” kata Mgr Palma.

Delegasi perayaan Hari Orang Muda Nasional tahun ini di Propinsi Cebu, Filipina bagian tengah, menampilkan sebuah tarian pada 24 April. (Foto: Elmarc Lim)

Uskup Bangued Mgr Leopoldo Jaucian, ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Filipina, juga menyampaikan salam kepada OMK.

“Kita berharap OMK akan memperteguh iman mereka akan Allah sehingga mereka semakin aktif dalam melayani sesama,” katanya.

Ia juga mengajak delegasi yang menghadiri perayaan tahun ini untuk selalu belajar memperjuangkan kebenaran.

“Jangan takut untuk datang kepada Yesus dan mendengar suara-Nya khususnya ketika kita menghadapi berbagai tantangan dewasa ini,” katanya.

“Berjuanglah demi kebenaran. Kita perlu memperjuangkan kebenaran Kristus dan mengimaninya,” lanjutnya.

Otoritas mengerahkan sedikitnya 1.000 aparat kepolisian dan 500 anggota militer untuk mengamankan gedung olahraga di mana perayaan pembukaan berlangsung.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi