UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup Pro-Lingkungan di Filipina Meninggal

Juni 28, 2019

Uskup Pro-Lingkungan di Filipina Meninggal

Uskup Emeritus Bagui Mgr Carlito Cenzon, CICM. (Foto: CBCP News)

Uskup Carlito Cenzon, CICM, Uskup Emeritus Baguio di Filipina utara, meninggal pada usia 80 tahun di sebuah rumah sakit Manila pada 26 Juni.

Prelatus itu dikenang karena berjuang mati-matian untuk melindungi hutan lindung di sekitar kota dari ancaman proyek jalan ilegal yang diduga dipelopori oleh seorang mantan pejabat pemerintah.

Saat ini, Gunung Santo Tomas dikelilingi oleh upaya perlindungan lingkungan permanen setelah petisi oleh uskup itu tahun 2014 untuk perlindungan alam.

Hutan lindung itu telah menjadi tujuan wisata setelah jaringan sebuah televisi menggunakan area tersebut sebagai lokasi shooting yang dipopulerkan melalui opera sabun yang berperingkat tinggi.

Uskup Cenzon juga juga dikenal karena perjuangannya untuk mengakhiri perjudian di kota, mendesak pejabat kota untuk tidak mengeluarkan izin bisnis untuk operasi game online.

Prelatus itu melayani sebagai uskup selama hampir tiga dekade sejak ia diangkat sebagai vikaris Tabuk, juga di Filipina utara, pada tahun 1992.

Uskup Cenzon diangkat sebagai vikaris Baguio pada tahun 2002, dan kemudian menjadi uskupnya ketika status kota itu diangkat menjadi sebuah keuskupan.

“Keuskupan Baguio bersatu dalam doa bersama komunitas [Kongregasi Hati Tak Bernoda Maria/CICM] di saat kesedihan ini,” kata Uskup Baguio Victor Bendico.

Almarhum Cenzon ditahbiskan sebagai imam CICM pada tahun 1965. Ia pensiun sebagai uskup Baguio pada 2016 pada usia 77 tahun.

Di antara jabatan-jabatan yang ia layani dalam Konferensi Waligereja Katolik di Filipina termasuk memimpin Komisi Hubungan Antar Religius.

Dia juga menjabat sebagai anggota Komisi untuk Masyarakat Adat dan Komisi Misi.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi