UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Biarawati Irlandia Dapat Medali Atas Pelayanan Bagi Pendidikan Pakistan

Juli 16, 2019

Biarawati Irlandia Dapat Medali Atas Pelayanan Bagi Pendidikan Pakistan

Suster Berchmans Conway (tengah) bekerja tanpa lelah untuk pendidikan di Pakistan. (Foto milik Lembaga Misi St. Columbans)

St Mary’s University di Inggris mengumumkan bahwa mereka akan menganugerahkan Medali St Benediktus bagi Suster Berchmans Conway.

Upacara penghargaan dijadwalkan pada 17 Juli di Katedral Westminster London.

Medali bergengsi itu akan diberikan kepada Suster Conway oleh uskup agung Westminster dan kanselir St. Mary’s, Kardinal Vincent Nichols, saat upacara wisuda musim panas.

Lahir di Irlandia pada tahun 1930, Suster Berchmans bergabung dengan Biara Yesus dan Maria pada tahun 1951 di Willesden, London, sebelum pindah ke Pakistan pada tahun 1953 pada usia 24 tahun.

Dia mengajar di sekolah Biara Yesus dan Maria di kota Lahore, Murree dan Karachi.

Pada 2012, Suster Berchmans dianugerahi Sitara-e-Quaid-i-Azam, salah satu penghargaan sipil tertinggi Pakistan, atas kontribusinya bagi bangsa itu.

Kutipan penghargaan menyatakan bahwa kepatuhannya tidak pernah luntur pada panggilan tugas menjadikan Suster Berchmans “teladan hidup untuk ditiru.”

Selama karier mengajarnya, Suster Berchmans mengajar dan menjadi inspirasi bagi ribuan siswa, termasuk mendiang perdana menteri Benazir Bhutto.

Sayeeda Warsi, mantan menteri senior pemerintah Inggris dan profesor tamu di St. Mary’s, meminta pemerintah Pakistan untuk memberikan kewarganegaraan kehormatan kepada Suster Berchmans.

“Suster Berchmans mendedikasikan 70 tahun hidupnya untuk mengajar dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melayani Pakistan,” kata Warsi kepada saluran berita Pakistan Geo TV.

“Dia mengajar anak-anak Muslim, Kristen, Parsi, dan Hindu sembari mempromosikan pendidikan dan pemberdayaan, jadi dia pantas mendapat pengakuan di semua tingkatan,” tambahnya.

Warsi mengatakan dia memiliki hak istimewa untuk mengunjungi Suster Berchmans di Karachi dan melihat secara langsung bagaimana pekerjaan dan kehadirannya menciptakan pemahaman antaragama.

“Seperti murid-muridnya, kolega dan sejawatnya, saya senang Suster Berchmans menerima Medali St Benediktus dari St. Mary’s University sebagai bagian dari upacara kelulusan musim panas mereka di Katedral Westminster,” kata Warsi.

“Ini akan menjadi kesempatan yang pas bagi seseorang yang telah memberikan hidupnya untuk pendidikan dan membantu kaum muda mencapai impian mereka.”

Pastor Saleh Diego, vikjen Keuskupan Agung Karachi dan direktur nasional Komisi Keadilan dan Perdamaian, menyampaikan kegembiraan atas pengumuman itu.

“Suatu kehormatan tidak hanya bagi komunitas Kristen minoritas Pakistan tetapi juga bagi mayoritas Muslim bahwa Suster Berchmans Conway dinyatakan menerima Medali Benediktus,” kata Pastor Diego.

“Dia bekerja tanpa lelah dan tanpa pamrih untuk tujuan pendidikan di Pakistan.”

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi