UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus: Gereja Perlu Kerasulan Pencegahan untuk Melindungi Anak-Anak

Juli 25, 2019

Paus: Gereja Perlu Kerasulan Pencegahan untuk Melindungi Anak-Anak

Paus Fransiskus menyampaikan sambutan penutup pada sebuah kongres tentang “Teologi setelah Veritatis Gaudium dalam konteks Mediteranian” yang memfokuskan Konstitusi Apostolik tentang universitas dan fasilitas eklesial pada 21 Juni di Fakultas Teologi Italia Selatan di Napoli. (Foto: Filippo Monteforte/AFP)

Pencegahan adalah kunci perlindungan anak dari pelecehan, kata Paus Fransiskus.

Perlindungan anak menjadi keprihatinan serius dan apa yang dibutuhkan adalah “kerasulan pencegahan,” katanya dalam sebuah pesan video yang disampaikan kepada para pemimpin Gereja Katolik yang tengah mengikuti sebuah kursus tentang perlindungan di Universitas Kepausan di Meksiko.

Kursus yang berlangsung selama sebulan – yang akan berakhir pada 27 Juli – itu disponsori oleh Pusat Riset Interdisipliner dan Formasi Perlindungan Anak bekerjasama dengan Pusat Perlindungan Anak Universitas Kepausan Gregoriana di Roma.

Paus Fransiskus menyambut peserta dan memuji kursus tersebut dalam video yang diposting dalam Bahasa Spanyol pada 20 Juli di situs Vatican News.

Kursus semacam itu “penting bagi semua anak sehingga tidak satu pun, tidak satu pun melecehkan mereka, tidak satu pun menghalangi mereka untuk datang kepada Yesus.”

“Setiap orang – baik kaum religius, umat awam, uskup atau siapa saja – yang menghalangi seorang anak untuk datang kepada Yesus harus dihentikan dalam melakukan hal itu, dikoreksi jika kita mengetahuinya, atau dihukum jika terjadi kejahatan,” katanya.

Ketika orang telah melihat berbagai cara untuk mencegah anak dari bahaya penyalahgunaan narkoba, sebuah perspektif yang sama diperlukan untuk menguji “bagaimana mencegah anak-anak dari pelecehan,” lanjutnya.

Sebuah pendekatan pendidikan dirancang untuk mencegah hal tersebut dan memberi perhatian pada anak merupakan hal penting untuk membantu anak tetap merasa aman ke mana pun ia pergi karena pelaku pelecehan atau pedagang narkoba bisa berada di mana saja, katanya.

Semua pelaku mempraktekkan “sebuah bentuk korupsi,” dan anak-anak perlu merasa aman dari segala bentuk pelecehan, bukan hanya pelecehan seksual, lanjutnya.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi