UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Orang Katolik Ditantang untuk Sebarkan ‘Kabar Baik’ di Media Sosial

Agustus 16, 2019

Orang Katolik Ditantang untuk Sebarkan ‘Kabar Baik’ di Media Sosial

Uskup Mylo Hubert Vergara (kanan), ketua Komisi Episkopal untuk Komunikasi Sosial, berpartisipasi dalam kegiatan Konvensi Media Katolik Nasional tahun ini. (Foto: Ayie Villanueva)

Seorang uskup di Filipina menantang mereka yang bekerja di bidang pelayanan komunikasi Gereja untuk mengisi berbagai platform media sosial dan internet dengan “kabar baik.”

Berbicara di hadapan majelis nasional pekerja media Katolik Filipina, Uskup Mylo Hubert Vergara mendesak praktisi media untuk menemukan cara menciptakan “komunio.”

Uskup Pasig, yang memimpin Komisi Komunikasi Sosial menggemakan seruan Paus Fransiskus agar menggunakan internet untuk membantu membangun komunitas Kristen.

“Tantangan bagi kita sekarang adalah pergeseran dari komunikasi ke persekutuan,” katanya dalam Kongres Media Katolik Nasional tahun ini.

Uskup Vergara mengatakan yang penting adalah bahwa penyebaran Injil “tidak hanya tinggal di media sosial tetapi juga akan menyentuh hati orang-orang agar mereka mengalami kasih Tuhan.”

Dia mengatakan bahwa membangun komunitas komunikator sosial diperlukan di tengah “penganiayaan” yang dialami oleh umat Katolik di negara itu.

“Pada saat ini kita tidak dapat bekerja sendiri, yaitu untuk masing-masing kita. Kita perlu bekerja bersama memberikan identitas dan misi kita sebagai satu tubuh Kristus, satu Gereja,” katanya.

Uskup Marcelino Antonio Maralit Jr., ketua komisi komunikasi sosial yang baru menyatakan harapan bahwa Gereja akan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Kita sudah memiliki jaringan kabar baik. Itu artinya kita juga harus berorganisasi untuk menyediakan ‘berita iman’ bukan ‘berita palsu’,” kata prelatus itu kepada para peserta pertemuan itu.

Lebih dari 180 peserta dari keuskupan di seluruh Filipinabergabung dalam pertemuan tahun ini yang diadakan di Provinsi Batangas, Manila utara.

Pertemuan empat hari itu diselenggarakan oleh komisi komunikasi sosial para uskup untuk memperkuat kolaborasi di antara organisasi media Katolik.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi