UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Desak Semua Pihak Selamatkan Hutan Amazon yang Terbakar

Agustus 28, 2019

Paus Desak Semua Pihak Selamatkan Hutan Amazon yang Terbakar

Api yang tidak bisa dikendalikan melahap hutan di Negara Bagian Mato Grosso di lembah Amazon, Brasil pada 23 Agustus. Angka resmi menunjukkan 78.383 titik kebakaran tercatat di Brasil tahun ini, jumlah tertinggi sejak 2013. (Foto: AFP)

Menggambarkan hutan hujan Amazon sebagai hal yang vital bagi bumi, Paus Fransiskus ikut bergabung dengan para uskup berdoa bagi upaya pemadaman api besar yang membakar hutan itu.

“Kita semua khawatir tentang kebakaran besar yang terjadi di Amazon,” kata paus pada 25 Agustus setelah memimpin Doa Angelus di Vatikan.

“Mari kita berdoa agar dengan komitmen semua pihak, hal itu dikendalikan dengan cepat. Paru-paru hutan itu sangat penting bagi planet kita.”

Para pemimpin Konferensi Uskup Katolik AS (USCCB) dan dewan uskup Amerika Latin juga menyerukan tindakan internasional untuk menyelamatkan hutan hujan Amazon dari kebakaran.

“Kami mendesak pemerintah negara-negara Amazonian, khususnya Brasil dan Bolivia, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan komunitas internasional, untuk mengambil langkah serius menyelamatkan paru-paru dunia itu,” kata uskup Amerika Latin dalam sebuah pernyataan.

“Apa yang terjadi di Amazon bukan hanya masalah lokal tetapi memiliki jangkauan global. Jika Amazon menderita, dunia menderita.”

Pernyataan USCCB, yang dikeluarkan pada 27 Agustus, menggemakan komentar Paus Fransiskus dan menyatakan “solidaritas dengan saudara-saudara kita para uskup di Amerika Latin yang … telah menyatakan keinginan mereka untuk segera memadamkan kebakaran ini.” 

Para uskup AS juga menyambut keputusan para pemimpin negara-negara industri “untuk memperluas dukungan finansial bagi upaya-upaya ini.”

Amazon menghasilkan 20 persen oksigen dunia, menurut data ilmiah.

Lembaga penelitian luar angkasa Brasil, yang bertanggung jawab atas pemantauan satelit Amazon telah melaporkan bahwa jumlah titik kebakaran yang biasa terjadi pada bulan Juli dan Agustus, telah memecahkan rekor pada 2019, dengan 72.843 titik api.

Badan antariksa AS, NASA telah merilis citra satelit yang menunjukkan bagaimana asap dari kebakaran telah menciptakan “kabut yang jelas terlihat di sebagian besar pusat Amerika Selatan.”

Presiden Brazil, Jair Bolsonaro mengatakan bahwa ia percaya lembaga-lembaga non-pemerintah – termasuk lembaga-lembaga yang didukung Katolik seperti Pastoral Tanah dan Dewan Misionaris Adat – berada di balik pembakaran ilegal karena mereka menentang seruannya untuk pengembangan hutan hujan. Organisasi-organisasi itu membantah keras tuduhan itu.

Sinode Para Uskup untuk Amazon pada Oktober mendatang akan membahas keadaan menyedihkan penduduk asli yang tinggal di daerah tersebut serta deforestasi di wilayah tersebut. Enam puluh persen hutan hujan Amazon ada di Brasil.

“Harapan akan kedekatan sinode Amazon, yang diadakan oleh Paus Fransiskus, ternoda oleh kepedihan tragedi alam ini,” kata para uskup Amerika Latin itu. 

“Kepada saudara-saudari masyarakat adat yang mendiami wilayah tercinta ini, kami menyatakan keprihatinan kami dan bergabung dengan suara Anda berseru kepada dunia untuk solidaritas dan perhatian agar mengakhiri kehancuran ini.”

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi