UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

China Mengukuhkan Uskup Kedua Pasca Kesepakatan China-Vatikan

Agustus 29, 2019

China Mengukuhkan Uskup Kedua Pasca Kesepakatan China-Vatikan

Seorang uskup Cina lain Mgr Stephen Xu Hongwe (keempat dari kanan) ditahbiskan pasca kesepakatan Cina-Vatikan.

Gereja Katolik di Cina telah menahbiskan uskup lain setelah rekomendasi Vatikan disahkan oleh Beijing.

Pastor Stephen Xu Hongwei, 44, ditahbiskan sebagai uskup pembantu keukupan Hanzhong di Shaanxi, bagian utara negara itu pada 28 Agustus, hanya dua hari setelah penahbisan Mgr Joseph Yao Shun, uskup keuskupan Jining di Mongolia Dalam, yang pertama  pasca kesepakatan Cina-Vatikan tahun 2018  tentang pengangkatan uskup.

Uskup Xu disetujui sebagai calon uskup oleh Vatikan pada  11 April, namun seperti halnya Uskup Yao sebelum dia, harus menunggu beberapa bulan untuk disahkan  oleh pemerintah.

Ketua Konferensi Waligereja Gereja Cina (BCCCC), Mgr Joseph Ma Yinglin, uskup keuskupan Kunming, memimpin upacara itu dan berkonselebrasi dengan Mgr  Hanzhong Aloysius Yu Runshen, uskup  Hanzhong, Mgr  John Baptist Yang Xiaoting, uskup  Yan’an (Yulin), Mgr  Anthony Dang Mingyan, uskup  Xi’an, Mgr Martin Wu Qinjing, uskup Zhouzhi, Mgr Joseph Han Yingjin, uskup Sanyuan, Uskup Coadjutor John Baptist Wang Xiaoxun dari Ankang dan Mgr Tong Changping, uskup  Weinan.

BACA JUGA: Uskup Pertama Pasca Kesepakatan Cina-Vatikan Ditahbiskan

Sekitar 500 orang menghadiri Misa di Katedral St. Michael di kota Hanzhong. 

Seorang imam  setempat, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada ucanews.com bahwa upacara pentahbisan itu dijaga ketat aparat  keamanan daripada petahbisan Uskup Yao.

“Semua peserta harus mendaftarkan diri dan beberapa dari mereka tidak diizinkan membawa kamera atau mengambil video,” katanya.

Seorang umat mengatakan kepada ucanews.com bahwa imam diosesan yang masih tidak diakui oleh pemerintah tidak diizinkan menghadiri upacara itu.

Uskup Xu layak menerima persetujuan dari BCCCC, katanya, seraya menmbahkan “setelah verifikasi dan pemilihan yang sah, kami memberikan persetujuan resmi kami sekarang. Kandidat ini disetujui oleh paus.”

Namun, setelah penandatanganan kesepakatan Cina-Vatikan, kalimat “Kandidat ini disetujui oleh Paus” adalah tambahan baru, sementara kalimat lain dihilangkan dari versi lama.

Upacara pentahbisan diadakan dalam waktu tiga bulan sejak penunjukan disetujui oleh BCCCC, sesuai dengan kebiasaan Gereja, dan “begitu dia ditahbiskan, dia menjadi penerus resmi para rasul dan anggota Konferensi Waligereja Cina.”

Uskup Xu lahir pada 16 Januari 1975 di Shaanxi. Dia belajar di seminari Xi’an  tahun 1996 dan ditahbiskan sebagai imam di Hanzhong tahun 2002. Dia lulus dengan gelar master dalam bidang teologi pastoral di Roma  tahun 2008 dan melayani di Keuskupan Vancouver di Kanada hingga 2010.

Keuskupan Hanzhong memiliki 27 imam, delapan suster, dan seorang seminaris yang melayani hampir 20.000 umat Katolik, yang tersebar di 21 paroki.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi