UCAN Vietnam UCAN India UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Yesuit Memperkenalkan Spiritualitas Ignatian di Vietnam

September 11, 2019

Yesuit Memperkenalkan Spiritualitas Ignatian di Vietnam

Imam-imam Yesuit merayakan Misa khusus saat peresmian Pusat Spiritualitas Ignasian pada 4 September di Ho Chi Minh City. (Foto: ucanews.com)

Imam-imam Yesuit di Vietnam memperkenalkan spiritualitas St. Ignatius Loyola atau Spiritualitas Ignatian kepada umat Katolik dengan mengadakan pelatihan tentang permenungan, psikologi dan pembinaan iman.

Pusat Spiritualitas Ignatian mengadakan pelatihan pertama tentang doa serta pencerahan dan discernment (proses menuntun seseorang untuk mengambil setiap keputusan dalam kehidupannya) di Ho Chi Minh City pada 5-7 September.

Pelatihan itu diikuti oleh 90 imam, bruder dan suster serta umat awam.

Suster Anna Do Thi Thoa mengatakan ia dan dua rekannya dari komunitas Servitium Christi memperoleh pelajaran yang bermanfaat dari pelatihan itu.

“Mereka mengajarkan kepada saya bagaimana merenungkan kembali apa yang telah terjadi dalam hidup saya serta mencerna kehendak Tuhan dalam karya saya sehari-hari dan apa yang tengah terjadi,” kata biarawati berusia 55 tahun itu.

“Pelatihan itu membantu saya menerima realitas hidup dan sepenuhnya percaya akan kasih Allah, bukan mengeluhkan kesedihan,” lanjutnya.

Ia berjanji akan membagikan metode doa berdasarkan Spiritualitas Ignasian kepada 80 anggota komunitasnya.

Sementara itu, Joseph Nguyen Van Hoa dari Keuskupan Long Xuyen di Mekong Delta bagian selatan merasa bersyukur bahwa pelatihan itu mengajarkan kepadanya tentang bagaimana berdoa secara sungguh-sungguh.

Umat awam berusia 65 tahun yang mendampingi orang muda Katolik itu mengatakan ia juga belajar tentang bagaimana menjadi lebih dekat dengan Allah.

“Penting bahwa saya harus mengetahui apa yang dikehendaki Allah bagi saya untuk menjadi saksi-Nya melalui kegiatan saya sehari-hari,” katanya.

Romo Dominic Nguyen Duc Hanh SJ, kepala Pusat Spiritualitas Ignasian, mengatakan Spiritualitas Ignatian, khususnya Latihan Rohani St. Ignatius Loyola, merupakan salah satu dari tradisi terbesar Gereja.

Ia mengatakan Latihan Rohani St. Ignatius Loyola merupakan cara yang efektif untuk meneladani Yesus Kristus dan kehidupan seseorang.

“Doa-doa dalam Latihan Rohani St. Ignatius Loyola membantu mereka yang berdoa dengan metode ini untuk mencermati, memperdalam dan memiliki relasi personal dengan Allah dan dunia,” katanya.

Imam-imam Yesuit tengah memperkenalkan dan mengajarkan Spiritualitas Ignatian sebagai salah satu dari empat Preferensi Apostolik Universal melalui pelatihan selama sepuluh tahun ke depan.

Romo Hanh mengatakan Pusat Spiritualitas Ignatian yang baru didirikan itu merupakan respon praktis dari para imam Yesuit setempat dalam menanggapi Preferensi Apostolik Universal.

“Kami berencana untuk mengadakan pelatihan dan sejumlah kegiatan tambahan lainnya yang praktis dan berlangsung lama bagi mereka yang ingin menghayati panggilan mereka secara aktif dalam masyarakat dan di dalam situasi khusus mereka,” katanya.

Pelatihan singkat tentang meditasi dan doa yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan spiritual diberikan kepada umat awam dan kaum religius.

Imam berusia 56 tahun itu mengatakan Pusat Spiritualitas Ignasian mengadakan pelatihan dan seminar untuk membantu umat Katolik mengatasi isu-isu keadilan sosial dan masalah sosial seperti kecanduan minuman keras, narkoba, seks dan judi. Pelatihan berkualitas tentang konseling dan konseling pastoral terkait depresi, konflik rumah tangga, hubungan sosial dan pertumbuhan iman juga akan diadakan.

Romo Hanh mengatakan Pusat Spiritualitas Ignatian akan memberi sertifikat untuk pelatihan psikologi, struktur dan dinamika latihan rohani serta discernment dan pendampingan. 

Ia mengatakan para imam Yesuit setempat juga berusaha mengadakan pelatihan untuk para pelatih dan pendamping rohani untuk Gereja lokal.

UCAN Indonesia
Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

© UCAN Indonesia 2017. | Kontak | Syarat Penggunaan | Privasi