UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Hari Raya “Corpus Christi,” umat Katolik Timor-Leste gelar prosesi

Juni 17, 2022

Hari Raya “Corpus Christi,” umat Katolik Timor-Leste gelar prosesi

Kardinal-terpilih Uskup Agung Dili Mgr Dom Virgilio do Carmo da Silva (tengah) memimpin umat Katolik dalam sebuah prosesi Sakramen Maha Kudus pada 16 Juni. (Foto: Keuskupan Agung Dili)

 

Ribuan umat Katolik Timor-Leste memadati jalan di ibu kota Dili pada 16 Juni dalam prosesi Sakramen Mahakudus untuk merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus (Corpus Christi).

Perayaan tahunan itu dibatalkan pada 2020 dan 2021 karena pembatasan sosial akibat pandemi Covid.

Dipimpin oleh Kardinal terpilih dan Uskup Agung Dili, Mgr. Dom Virgilio do Carmo da Silva, umat Katolik bergabung dengan para imam dan suster di mana mereka berjalan beberapa kilometer dari Paroki Maria Dikandung Tanpa Noda Balide ke Monumen dan Taman Maria di Lecidere.

Di antara mereka adalah pejabat publik dan anak-anak yang membawa spanduk sekolah mereka. Selama prosesi hampir empat jam, para peserta mendaraskan Doa Rosario, diselingi dengan lagu dan renungan Kitab Suci.

Prosesi tersebut mengangkat tema Ekaristi dan ekologi, yang mengacu pada tema pastoral Keuskupan Agung Dili tahun ini.

Dalam khotbahnya setibanya di Lecidere, Kardinal terpilih Da Silva merenungkan tema itu dan mengatakan bahwa “dalam Ekaristi, segala sesuatu yang telah diciptakan oleh Tuhan memperoleh kepenuhannya.”

“Berkatnya menjadi nyata ketika Tuhan menjadi manusia dan menawarkan diri-Nya sebagai Roti kepada Makhluk-Nya.”

Dia mengatakan, dalam Ekaristi manusia mendapatkan kepenuhannya dan Yesus dalam Ekaristi mengajak semua umat beriman untuk memperdalam refleksi mereka dan merenungkan kehadiran-Nya dalam ciptaan.

Dia menambahkan, namun, “manusia dengan ambisi mereka telah menghancurkan keindahan ciptaan Tuhan.”

“Dalam kitab Kejadian; Tuhan menciptakan segala sesuatu dan memberikannya kepada manusia untuk dikuasai demi kelangsungan hidup mereka dan bukan untuk disalahgunakan. Manusia dengan ambisi mereka telah menghancurkan keindahan ciptaan yang telah memicu bencana di rumah kita bersama,” katanya.

Dia mengakhiri renungannya dengan mengundang semua umat beriman untuk berpartisipasi aktif dalam Ekaristi dan menganjurkan mereka terlibat dalam gerakan ekologis untuk memperkuat hubungan antara manusia dan ciptaan, manusia dengan manusia dan terutama manusia dengan Allah.

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus ditetapkan pada tahun 2005 sebagai hari libur nasional di negara itu, di mana umat Katolik mencapai lebih dari 97 persen dari 1,3 juta penduduk.

Sumber: Timor Leste Catholics celebrate feast of Corpus Christi

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2022. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi