UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Institut Katolik Vietnam rayakan lulusan pertama

Juni 17, 2022

Institut Katolik Vietnam rayakan lulusan pertama

Uskup Agung Joseph Nguyen Chi Linh adalah lulusan master dalam bidang teologi bersama Pastor Joseph Pham Van Quy di Katolik Institute Vietnam dalam acara kelulusan di Kota Ho Chi Minh pada 12 Juni. (Foto: hocvienconggiao.edu.vn)

Sebuah universitas Katolik nasional di Vietnam yang didirikan tujuh tahun lalu telah menghasilkan buah, di mana angkatan pertama lulus tahun ini.

Institut Katolik Vietnam, yang adalah universitas pertama yang didirikan sejak negara itu direunifikasi di bawah peran komunis tahun 1975, merayakan acara kelulusan di Kota Ho Chi Minh pada 12 Juni.

Mereka yang hadir pada acara itu adalah Uskup Agung Joseph Nguyen Chi Linh, Ketua Konferensi Waligereja Vietnam, Uskup Joseph Dinh Duc Dao,  rektor institut itu, dua uskup lain, para profesor dan mahasiswa, termasuk juga para imam, religius dan orang awam.

Sedikitnya 11 imam dari tujuh keuskupan dan Serikat Misi Vietnam meraih gelar master dalam bidang Teologi Dogmatik dan Kitab Suci, sementara 25 lainnya meraih S1 Teologi.

“Sukacita para lulusan ini merupakan kebanggaan dari para pengajar yang telah berjalan bersama mereka selama bertahun-tahun. Saya sangat bahagia melihat sukacita kalian. Semoga Tuhan memberkati kalian,” kata Uskup Dao.

Prelatus emeritus dari keuskupan Xuan Loc itu meminta para lulusan untuk merenungkan dua pertanyaan yang dilontarkan oleh Yesus — “Siapa Aku menurut kamu?” dan “Apakah Kamu mengasihi Aku?” — sebelum mereka menerima tugas perutusan.

Ia meminta mereka untuk merenungkan tugas mereka dan membawa rahmat ilahi kepada orang-orang yang mereka temui dan layani.

Uskup Agung Linh mengatakan para lulusan adalah tanda yang jelas untuk menunjukkan bahwa semua orang bekerja keras untuk membangun dan mengembangkan institut nasional itu dan memberi jaminan untuk Gereja lokal di masa mendatang.

Uskup Agung Hue mengatakan institut itu telah memiliki fasilitas yang baik, dan memiliki para mahasiswa termasuk para imam, religius dan orang awam dari berbagai keuskupan dan kongregasi.

Ia mendatakan institut  yang diakui oleh Takhta Suci tahun 2015 itu bertujuan untuk menyediakan pengetahuan teologis dan keterampilan profesional bagi semua umat Katolik untuk mewartakan Kabar Baik kepada orang lain  menurut kebutuhan Gereja lokal dan negara.

Uskup Agung Linh mengatakan Gereja lokal akan membangun institut tersebut sejajar dengan institut di negara lain.

Tahun lalu ia mengajukan permohonan kepada Perdana Menteri Pham Minh Chinh dan otoritas Kota Hanoi untuk menyediakan lahan membangun institutt tersebut. Pemerintah menawarkan lahan 20 hektare di distrik Phu Xuyen, namun kedua pihak tidak  membahas secara rinci.

Pastor Joseph Ngo Ngoc Khanh, dekan Fakultas Teologi dan ketua panitia acara lulusan  itu mengatakan lulusan itu adalah buah pertama dari institut itu yang mulai pendaftaran tahun 2016.

Pastor Khanh mengatakan institut itu memiliki 124 mahasiswa teologi, banyak dari mereka adalah orang awam yang telah memasuki usia pensiun.

Sumber: Catholik Institute of Vietnam holds graduation ceremony

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2022. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi