UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sambut kunjungan tokoh agama Buddha, Paus Fransiskus ajak kerja sama atasi krisis planet bumi

Juni 19, 2022

Sambut kunjungan tokoh agama Buddha, Paus Fransiskus ajak kerja sama atasi krisis planet bumi

Paus Fransiskus menerima delegasi umat Buddha dari Thailand di Vatikan pada 17 Juni. (Foto: Media Vatikan)

Dialog dan kerja sama lintas agama dibutuhkan lebih dari sebelumnya pada masa kini ketika manusia dan planet ini menghadapi berbagai ancaman, kata Paus Fransiskus kepada delegasi umat Buddha dari Thailand.

“Sayangnya, di semua segi, kita mendengar tangisan umat manusia yang terluka dan bumi yang hancur,” katanya.

“Tugas kita hari ini adalah untuk membimbing pengikut kita masing-masing ke pemahaman tentang kebenaran yang lebih jelas bahwa kita semua adalah saudara dan saudari,” katanya kepada kelompok itu saat audiensi di Vatikan 17 Juni.

Oleh karena itu, kita harus bekerja sama untuk menumbuhkan kasih sayang dan keramahan bagi semua manusia, terutama yang miskin dan terpinggirkan, kata paus.

Delegasi itu termasuk lebih dari 30 biksu Buddha terkemuka, sekitar 60 umat Buddha awam dan beberapa perwakilan Gereja Katolik di Thailand, menurut laporan Vatican News.

Mereka berada di Roma menghadiri konferensi pada 17 Juni bertajuk, “Persahabatan antara Buddhis dan Kristen untuk Budaya Perjumpaan,” yang disponsori oleh Universitas Kepausan Urbanian Roma dan Dikasteri Vatikan untuk Dialog Antaragama.

Tujuan kunjungan mereka adalah untuk memperingati 50 tahun pertemuan antara Santo Paulus VI dan patriark Buddha tertinggi ke-17 Thailand, Somdej Phra Wannarat.

Paus berterima kasih kepada anggota delegasi atas kunjungan mereka ke Vatikan “untuk memperbarui ikatan persahabatan dan kerja sama timbal balik kita,” sambil mengingat kunjungannya ke Thailand pada 2019 dan menggarisbawahi “sambutan dan keramahan luar biasa yang saya terima.”

Paus mengatakan kepada mereka bahwa “pada saat keluarga manusia dan planet kita menghadapi berbagai ancaman, dialog yang bersahabat dan kerja sama yang erat menjadi lebih penting.”

“Buddha dan Yesus memahami perlunya mengatasi egoisme yang menimbulkan konflik dan kekerasan,” katanya.

Sumber: Pope suggests interreligious cooperation to tackle threats to planet

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2022. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi