UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Caritas Vietnam sediakan bantuan makanan bagi pasien miskin

Juli 28, 2022

Caritas Vietnam sediakan bantuan makanan bagi pasien miskin

Para pekerja Caritas mengemas makanan ke dalam kotak styrofoam sebelum mendistribusi ke pasien di sebuah rumah sakit di Hanoi pada 26 Juli. (Foto: tonggiaophanhanoi.org)

Caritas, sebuah badan amal Gereja Katolik di Hanoi, Vietnam berinisiatif menyediakan makanan yang diharapkan dapat meringankan penderitaan para pasien miskin dan orang yang membutuhkan.

Pada tanggal 26 Juli, Pastor Joseph Nguyen Van Hai, wakil ketua Caritas di Hanoi, dan 24 religius dan karyawan Caritas mengadakan upacara singkat untuk meluncurkan “Bua com yeu thuong” atau “Makanan Kasih” di sebuah biara di Paroki Phung Khoan di pinggiran ibukota negara itu.

Kantor Caritas di Hanoi mengatakan program tersebut akan menyediakan makanan untuk para pasien miskin di dua rumah sakit umum setempat dan para pekerja kasar dalam situasi sulit sebagai cara meringankan rasa sakit dan penderitaan mereka.

Para pekerja Caritas berencana  menyiapkan dan memberikan total 400 porsi dan air minum kepada para pasien dan kerabat mereka pada Selasa dan Sabtu pagi. Mereka akan mengantarkan makanan ke tempat tersebut dengan sepeda motor.

Banyak pasien menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Pusat Nasional sementara pasien lain menjalani cuci darah di Rumah Sakit Bach Mai.

Caritas mengatakan satu porsi akan dijual masing-masing 5.000 dong (setara 624 rupiah)m harga yang sangat rendah untuk dibayar, sehingga penerima manfaat merasa dihormati, di mana mereka tidak merasa sebagai peminta-minta. Uang tersebut akan digunakan untuk kegiatan program itu. Bagi mereka yang tidak mampu akan diberikan secara gratis.

Caritas di Hanoi juga meminta umat untuk bekerja bersama mereka untuk membantu pasien miskin dengan memberikan sumbangan semampunya untuk program tersebut.

Bulan lalu, para karyawan Caritas memulai program penyediaan makanan dengan memberikan 100 porsi kepada para pasien dan pekerja kasar di Rumah Sakit Pusat Nasional dan Paroki Ha Dong. Umat  setempat memberikan sumbangan dan menyiapkan makanan.

Pastor John Baptist Nguyen Van Quang, Kepala Caritas di Hanoi, merayakan Misa Pentakosta di Rumah Kusta Ba Sao di Provinsi Ha Nam. Para pekerja Caritas juga melayani 51 penderita kusta dengan makanan khusus dan memberikan mereka uang dan hadiah.

Pastor Quang mengatakan pada 27 Juli bahwa Caritas di Hanoi akan membayar biaya operasi katarak untuk 40 orang miskin tanpa melihat keyakinan mereka.

Sekitar 2.000 orang dari tiga paroki bergabung dengan organisasi amal yang dikelola Gereja itu selama dua bulan terakhir.

Mereka didorong untuk menghayati amal kasih dengan menghadiri Misa rutin dan memberikan dukungan material dan emosional bagi para pasien dan orang-orang yang kurang beruntung di sekitar mereka.

Caritas Vietnam, yang dipimpin oleh Uskup Thomas Vu Dinh Hieu, memiliki kantor-kantornya di 27 keuskupan negara itu yang memiliki jaringan di semua paroki. Para anggota Caritas mengadakan kegiatan amal sebagai cara untuk mewartakan Kabar Baik.

Sebenarnya, organisasi amal telah didirikan di Vietnam Selatan pada tahun 1965 untuk memenuhi kebutuhan para korban perang, namun pemerintah membubarkannya pada tahun 1976 dan melanjutkan lagi kegiatannya pada tahun 2008. Kelompok amal Gereja ini bergabung dengan Caritas Asia dan Caritas International pada tahun 2011.

Sumber: Caritas Vietnam starts food program for patients

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi