UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Vatikan umumkan jadwal perjalanan Paus Fransiskus ke Kazakhstan

Agustus 4, 2022

Vatikan umumkan jadwal perjalanan Paus Fransiskus ke Kazakhstan

Sebuah pemandangan dari Nur-Sultan, ibukota Kazakhstan. (Photo: Vatican News)

Kunjungan Paus Fransiskus ke Kazakhstan pada September sebagian besar akan berfokus pada pertemuan dengan para pemimpin agama dari seluruh dunia, tetapi juga akan mencakup Misa dan pertemuan dengan umat Katolik di negara mayoritas Muslim itu.

Pada 2 Agustus Vatikan merilis jadwal paus selama kunjungan tiga hari pada September.

Perjalanan pada 13-15 September itu,  juga termasuk pertemuan pribadi dengan para pemimpin religius dan para Yesuit, rekan seordonya.

Kazakhstan adalah bekas Republik Uni Soviet di Asia Tengah yang memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991. Setelah dikenal sebagai negara ateis di bawah pimpinan Soviet, negara baru ini menerapkan bentuk pemerintahan sekuler.

Sementara ada kebangkitan kembali praktik dan identitas keagamaan, gerakan keagamaan dan misionaris dari negara asing juga mulai mendapatkan pengaruh di negara tersebut, menurut laporan Institute for Security and Development Policy, sebuah organisasi penelitian dan kebijakan nirlaba dan nonpartisan yang berbasis di Stockholm, tahun 2018.

Alih-alih mengikuti pendekatan yang lebih Barat tentang kebebasan beragama yang luas, negara itu menerapkan pembatasan yang ditujukan untuk melawan pengaruh ekstremis setelah sejumlah insiden terorisme.

Negara itu juga mengadopsi langkah-langkah yang diharapkan dapat mendorong kebangkitan komunitas-komunitas agama tradisional dan memastikan stabilitas dan kerukunan dalam masyarakat, kata laporan itu.

Dari sekitar 19 juta penduduk negara itu, sekitar 70 persen adalah Muslim dan 26 persen adalah Kristen dimana Ortodoks Rusia menjadi mayoritas. Hampir 3 persen mengidentifikasi diri sebagai ateis dan kurang dari 1 persen dari agama-agama lain.

Setibanya di Nur-Sultan, ibu kota negara itu, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Kassym-Jomart Tokayev, serta otoritas pemerintah dan anggota korps diplomatik negara itu.

Keesokan harinya, ia akan mengadakan doa bersama dengan para pemimpin agama yang menghadiri Kongres VII Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional dan memberikan pidato di hadapan majelis.

Paus juga akan bertemu dengan para pemimpin agama secara pribadi dan memberikan pidato pada hari terakhir kongres, yang akan menyajikan deklarasi akhir.

Sumber: Vatican releases schedule for papal trip to Kazakhstan

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2022. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi