UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Seorang ibu dari 4 pastor meninggal pada usia 101 tahun

Agustus 30, 2022

Seorang ibu dari 4 pastor meninggal pada usia 101 tahun

Empat imam, yang merupakan putra dari Martha Nguyen Thi Liem, berdoa di depan peti jenazah ibu mereka di rumahnya di Provinsi Dong Nai. (Foto: giaophanxuanloc.net)

Ratusan orang  Vietnam termasuk klerus dan religius di keuskupan selatan negara itu berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir kepada seorang ibu berusia 101 tahun yang menyerahkan lima dari tujuh anaknya untuk melayani Gereja lokal.

Martha Nguyen Thi Liem yang dilaporkan lima anaknya memilih hidup bakti di negara itu, yang meninggal pada 24 Agustus karena usia lanjut di rumahnya di Distrik Trang Bom, Provinsi Dong Nai.

Di antara anak-anak Liem, Pastor Joseph Truong Dinh Hien menjabat sebagai vikaris jenderal Keuskupan Qui Nhon, di mana saudaranya Pastor Paul Truong Dinh Tu bekerja sebagai pastor Paroki Qui Hoa, sementara Pastor John Baptist Truong Dinh Ha melayani Paroki Ngoc Ha di Keuskupan Ba Ria dan Pastor Thomas Truong Dinh Son CSsR. Suster Agata Lorette Truong Thi Minh Duc adalah anggota dari Kongregasi Suster-Suster Pecinta Salib Suci di Qui Nhon.

Uskup Hai Phong, Mgr. Vincent Nguyen Van Ban, yang memimpin pemakaman di Paroki Thanh Binh pada 27 Agustus bergabung dengan para imam dan suster dari Keuskupan Ba Ria, Keuskupan Qui Nhon dan Keuskupan Xuan Loc.

“Saya terkesan bahwa dia tetap menghidupkan imannya yang kuat kepada Tuhan melalui kehidupan sehari-hari. Dia adalah ibu yang bahagia dan wanita yang hebat,” kata prelatus itu.

Uskup Ban mengenal keluarga itu sejak dia menjadi seminaris di Keuskupan Qui Nhon dan mengunjungi mereka secara rutin.

Ia ingat bagaimana Liem dan suaminya, yang meninggal beberapa tahun sebelumnya, bekerja keras selama puluhan tahun di ladang untuk membesarkan anak-anak mereka, terutama lima benih panggilan, setelah Perang Vietnam berakhir  tahun 1975.

Mereka harus pindah tempat asal mereka di  Provinsi  Quang Ngai ke Provinsi Dong Nai untuk menghindari perang.

“Dia selalu mencintai, merawat, dan memberi mereka dorongan besar setiap kali mereka kembali ke rumah,” katanya.

Uskup Ban meminta umat Katolik  setempat untuk berterima kasih kepada Tuhan karena ia telah menyerahkan  anak-anaknya kepada Gereja Katolik dan orang tua yang luar biasa yang berani mengorbankan hidup mereka untuk anak-anak mereka. Pengorbanan mereka yang tenang memberikan kontribusi besar untuk mengembangkan Gereja.

“Kami memohon  Tuhan untuk memberkati  (Liem) dan anak-anaknya dan membawanya ke kerajaan-Nya,” katanya.

Uskup Xuan Loc, Mgr. John Do Van Ngan dan Uskup Bac Ninh, Mgr. Cosme Hoang Van Dat, SJ, menyampaikan belasungkawa mereka kepada keluarga mendiang wanita itu.

Uskup Dat mengatakan Liem telah memberikan teladan moralitas, doa, dan pengorbanan yang cemerlang dengan murah hati mempersembahkan anak-anaknya yang baik kepada Gereja.

Prelatus Jesuit itu mengatakan dia berdoa kepada Tuhan untuk menghibur keluarganya dan menghindarkan kesedihan mereka atas kehilangan ibu mereka.

Sumber: Vietnam Catholics honor memory of centenarian mother

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi