UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus tunjuk seorang Nunsius sebagai Prefek Dikasteri Gereja-gereja Timur

Nopember 22, 2022

Paus tunjuk seorang Nunsius sebagai Prefek Dikasteri Gereja-gereja Timur

Paus Fransiskus bertemu dengan Uskup Agung Claudio Gugerotti (Foto: Vatican News)

Paus Fransiskus telah menunjuk Uskup Agung Claudio Gugerotti, Duta Besar Vatikan (nunsius) untuk Inggris Raya, sebagai prefek baru untuk Dikasteri Gereja-gereja Timur, sebuah kantor Vatikan, di mana dia pernah menjabat sebagai wakil sekretaris hingga  tahun 2001.

Uskup Agung Gugerotti, yang merayakan ulang tahunnya  ke-79 pada 19 November dan telah menjadi prefek sejak tahun 2007.

Dikasteri  Gereja-gereja Timur membantu semua Gereja Katolik Timur — kebanyakan berbasis di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa Timur, termasuk Ukraina — serta Gereja ritus Latin di seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah.

Selain pernah mengajar di Institut Oriental Kepausan  di Roma dan  staf di bekas Kongregasi Kepausan Gereja-gereja Timur, Uskup Agung Gugerotti telah tinggal bersama dan bekerja erat dengan para pemimpin Gereja Katolik Timur dan Gereja Ortodoks dan umat beriman sementara nunsius  untuk Armenia, Georgia dan Azerbaijan  (2002-2011), Duta Besar Vatikan untuk Belarus (2011-2015), Duta Besar Vatikan untuk Ukraina  (2015-2020) dan Duta Besar Vatikan untuk Inggris Raya selama dua tahun terakhir.

Uskup Kenneth Nowakowski dari Eparki Keluarga Kudus Katolik Ukraina, yang berbasis di London, mengatakan  baginya, penunjukan Uskup Agung Gugerotti adalah “pahit-manis; dia ditunjuk sebagai nunsius untuk Inggris Raya tidak lama setelah pentahbisan  saya sendiri di sini, dan pengetahuannya yang mendalam tentang Gereja kami di Ukraina berarti dia mendapat informasi yang baik tentang eparki kami dan komunitas Ukraina di Inggris Raya, jadi saya akan kehilangannya.”

“Di sisi lain, karena pengetahuannya tentang Gereja kami baik di Ukraina maupun di luar negeri, pengangkatannya sebagai prefek juga sangat penting,” kata uskup itu.

“Saya menelepon Yang Mulia segera ketika saya mengetahui berita itu dan mengatakan kepadanya bahwa saya akan merindukannya di sini, tetapi juga berdoa  untuk dia  dan mengucapkan selamat yang tulus kepadanya.”

Dengan gelar dalam bahasa dan sastra Timur serta dalam liturgi, calon prefek itu ditahbiskan menjadi imam pada 29 Mei 1982, untuk Keuskupan Verona.

Dia mengajar patrologi di  Institut Teologi St. Zeno serta  teologi dan liturgi Timur di Institut itu untuk Studi Ekumenis, keduanya di Verona, hingga 1985.

Dia mulai bekerja di Kongregasi Gereja-gereja Timur Vatikan tahun 1985 dan diangkat sebagai wakil sekretaris  tahun 1997. Selain itu, dia belajar patrologi  dan sastra dan Bahasa Armenia di Institut Oriental Kepausan.

Paus Johanes Paulus II menahbiskannya sebagai uskup pada 6 Januari 2002.

Sumber: Pope names prefect of dicastery for eastern churches

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2022. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi