UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus, Dewan Kardinal bahas perang dan upaya perdamaian

April 28, 2023

Paus, Dewan Kardinal bahas perang dan upaya perdamaian

Paus Fransiskus berpartisipasi dalam pertemuan Dewan Kardinal di Vatikan. (Foto: Vatican News)

Tujuh pekan setelah mengumumkan komposisi baru Dewan Kardinal internasional, Paus Fransiskus memimpin pertemuan dewan itu selama dua hari yang berfokus pada situasi konflik di dunia saat ini dan kemajuan dalam mengimplementasikan reformasi Kuria Roma.

Paus dan para anggota Dewan Kardinal  bertemu pada 24-25 April di Vatikan, kata sebuah komunike dari kantor pers Vatikan.

“Topik pembicaraan adalah situasi perang dan konflik yang mempengaruhi banyak bagian dunia dan perlunya upaya persatuan untuk membangun perdamaian di pihak Gereja,” kata pernyataan itu.

Masing-masing kardinal, yang mewakili berbagai belahan dunia, juga berbicara tentang “situasi sosial-politik dan gerejawi” di wilayah mereka masing-masing.

Kelompok itu juga membahas “persiapan sidang sinode pada Oktober dan penerapan konstitusi apostolik ‘Praedicate Evangelium‘”, yang diterbitkan pada Maret 2022 dan memerintahkan reformasi Kuria Roma.

Meninjau pekerjaan setiap kantor Vatikan dan menyusun dokumen reformasi adalah bagian utama dari peran Dewan Kardinal selama sembilan tahun pertama keberadaan dewan itu.

Paus Fransiskus memperbarui keanggotaan dewan tersebut pada awal Maret, seraya menambah lima kardinal baru dan memperbarui keanggotaan empat orang lainnya.

Kini Dewan Kardinal terdiri dari: Kardinal Pietro Parolin, sekretaris negara Vatikan; Kardinal Sérgio da Rocha dari São Salvador da Bahia, Brasil; Kardinal Oswald Gracias dari Mumbai, India; Kardinal Fernando Vérgez Alzaga, ketua komisi yang mengatur Negara Kota Vatikan; Kardinal Jean-Claude Hollerich dari Luksemburg; Kardinal Gérald C. Lacroix dari Québec, Kanada; Kardinal Juan José Omella Omella dari Barcelona; Kardinal Seán P. O’Malley dari Boston; dan Kardinal Fridolin Ambongo Besungu dari Kinshasa, Kongo.

Sumber: Pope council of cardinals look at peacemaking efforts

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi