UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Sejumlah wanita akan menjadi anggota peserta Sinode Para Uskup

April 28, 2023

Sejumlah wanita akan menjadi anggota peserta Sinode Para Uskup

Paus Fransiskus menyapa para biarawati di akhir audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, pada 26 April. (Foto: AFP)

Paus Fransiskus telah memutuskan sejumlah wanita akan menjadi anggota peserta yang berpartisipasi dalam Sidang Sinode Para Uskup pada Oktober nanti.

Keputusan yang diresmikan pada 17 April, “Bapa Suci menyetujui partisipasi dalam majelis sinode untuk ‘non-uskup’ — para imam, diakon, pria dan wanita religius, pria dan wanita awam,” kata kantor sinode dalam sebuah pernyataan pada 26 April.

Kardinal Jean-Claude Hollerich, relator jenderal sinode, mengatakan kepada wartawan pada 26 April bahwa sekitar 21% dari 370 anggota sinode adalah bukan uskup dan setengah dari 21% itu adalah perempuan.

Menambahkan wanita dan kaum muda ke dalam keanggotaan akan memastikan “Gereja terwakili dengan baik” dalam doa dan diskusi yang dijadwalkan pada 4-29 Oktober di Vatikan, kata kardinal.

“Sungguh menyenangkan jika seluruh Gereja terwakili untuk sinode di Roma,” kata Kardinal Hollerich.

“Seperti yang Anda lihat, ruang di tenda sedang diperbesar,” kata Kardinal Mario Grech, sekjen sinode, kepada wartawan, mengacu pada judul yang telah dipilih untuk dokumen kerja untuk fase sinode tingkat benua yang baru saja selesai.

Dokumen tersebut mengatakan dalam sesi mendengarkan sinode lokal dan nasional ada pertanyaan yang konsisten tentang bagaimana meningkatkan keterbukaan yang lebih besar dalam Gereja Katolik sambil tetap setia pada ajaran Gereja.

“Sinode Uskup akan tetap menjadi sebuah sinode para uskup,” kata Kardinal Grech, tetapi akan “diperkaya” oleh perwakilan dari seluruh anggota Gereja.

Keputusan paus untuk memperluas kategori anggota sinode, kata pernyataan pada April, “berada dalam kesinambungan” dengan pemahaman Gereja Katolik yang berkembang tentang dimensi sinode Gereja.”

Sejak Sinode Para Uskup ditetapkan kembali setelah Konsili Vatikan II, semua anggota peserta sinode adalah laki-laki. Keanggotaannya sebagian besar adalah para kardinal dan uskup, kecuali 10 imam — dan baru-baru ini seorang bruder — yang dipilih oleh Perhimpunan Pimpinan Tarekat Religius Pria.

Sekarang, Perhimpunan Pimpinan Tarekat Religius Pria memilih 10 anggota peserta, kata kantor itu, mereka hanya akan memilih lima imam atau bruder, sedangkan Perhimpunan Pimpinan Tarekat Religius Wanita juga akan memilih lima suster atau biarawati.

Sinode-sinode sebelumnya memasukkan perempuan sebagai “auditor” non-peserta, sebuah kelompok yang melibatkan banyak perempuan.

Paus Fransiskus telah menghapus kategori “auditor” dari peserta sinode, kata Vatikan.

Sebaliknya, akan ada kelompok yang terdiri dari 70 anggota non-uskup yang mewakili “berbagai kelompok umat Allah”, termasuk para imam, wanita religius, diakon dan orang awam dari seluruh dunia.

Paus akan memilih 70 orang dari daftar 140 orang yang dipilih oleh para uskup, enam kelompok uskup regional, dan Majelis Patriark Gereja Katolik Timur.

Keenam kelompok regional tersebut: Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Amerika Latin dan Karibia (CELAM); Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Eropa; Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Afrika dan Madagaskar; Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Asia: Federasi Konferensi Waligereja Oseania; dan Federasi Konferensi-konferensi Waligereja AS dan Kanada.

Masing-masing dari tujuh kelompok uskup ini akan mencalonkan 20 orang, kata pernyataan itu, dan “diminta agar 50% dari mereka adalah perempuan dan kehadiran kaum muda juga ditekankan.”

Selain 10 religius yang dipilih oleh pemimpin kelompok mereka dan 70 anggota non-uskup yang dinominasikan oleh kelompok kontinental, Paus Fransiskus dapat memasukkan “anggota non-uskup”.

Sebagian besar anggota sinode akan dipilih oleh konferensi waligereja mereka. Jumlah delegasi yang dapat dipilih oleh setiap konferensi bergantung pada jumlah konferensi. Konferensi para uskup dengan lebih dari 200 anggota – seperti konferensi waligereja – Italia, Brasil, dan Amerika Serikat – akan memilih lima anggota.

Sumber: Women will be voting members of synod of bishops

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi