UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus akan kunjungi Fátima pada perayaan Hari Kaum Muda Sedunia

Mei 24, 2023

Paus akan kunjungi  Fátima pada perayaan Hari Kaum Muda Sedunia

Paus Fransiskus berada di Tempat Suci Fatima, Portugal pada 2017. (Foto: Vatican News)

Paus Fransiskus akan mengunjungi Tempat Suci Fátima selama perjalanannya ke Portugal untuk menghadiri perayaan Hari Kaum Muda Sedunia 2023, kata Vatikan.

Dalam sebuah pernyataan pada 22 Mei, Matteo Bruni, direktur Kantor Pers Vatikan, menegaskan paus akan melakukan perjalanan ke Lisbon pada 2-6 Agustus dan akan mengunjungi Tempat Suci Fátima pada 5 Agustus.

Paus Fransiskus berulang kali mengatakan  dia  berada di Lisbon untuk perayaan Hari Orang Muda Sedunia, namun ia tidak berbicara secara terbuka untuk mengunjungi  Fátima.

Pada Oktober 2022, dia secara terbuka mengatakan ia akan menghadiri Hari Orang Muda Sedunia sebagai seorang peziarah dengan bantuan dua mahasiswa Portugal setelah Doa Angelus dari jendela apartemen kepausan yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus.

Tempat Suci Maria di Fátima terkait  seruan doa  Paus Fransiskus untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Pada Maret 2022, lebih dari satu bulan setelah Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina, paus mempersembahkan kedua negara itu ke Hati Bunda Maria yang tak bernoda, berdoa di depan patung Bunda Maria Fátima di Basilika Santo Petrus.

Sebelum kematiannya, Suster Lúcia dos Santos, salah satu dari tiga anak Portugal yang mengaku melihat penampakan Bunda Maria di Fátima tahun 1917, mengatakan Bunda Maria meminta agar Rusia dipersembahkan di hatinya yang tak bernoda oleh seorang paus yang berkuasa untuk membawa perdamaian ke dunia.

Paus-paus sebelumnya telah mendoakan  Rusia kepada  Hati Bunda Maria yang tak bernoda dalam berbagai bentuk tetapi tidak pernah menyebut nama negara itu seperti yang dilakukan Paus Fransiskus tahun 2022.

Tahun 2017, Paus Fransiskus merayakan Misa di tempat suci itu untuk menandai 100 tahun sejak penampakan Bunda Maria di Fátima sebagai bagian dari perjalanan singkat ke Portugal yang berlangsung lebih dari 24 jam.

Ia akan mengkanonisasi Francisco Marto dan Jacinta Marto, sepupu Suster dos Santos, yang juga melihat penampakan Bunda Maria di Fátima. Francisco tahun 1919 masih berusia 10 tahun, sedangkan Jasinta meninggal tahun 1920 akibat penyakit  pada usia 9 tahun. Suster dos Santos meninggal tahun 2005 pada usia 97 tahun.

Sumber: Pope adds Fatima visit to world youth day trip

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi