UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus berdoa untuk umat Katolik di China

Mei 25, 2023

Paus berdoa untuk umat Katolik di China

Paus Fransiskus bersama para imam Katolik China di Italia. (Foto: Vatican News)

Paus Fransiskus berdoa agar umat Katolik di China bebas untuk mewartakan Injil dan menjalankan iman mereka dengan bebas.

Pada saat hubungan Vatikan-China tegang karena perbedaan yang jelas mengenai kesepakatan untuk menunjuk uskup, Paus Fransiskus secara terbuka menandai Hari Doa Sedunia untuk Gereja Katolik di China pada 24 Mei, Pesta Maria Penolong Umat Kristiani, “dihormati dan dinamakan di Tempat Suci Bunda Maria Sheshan di Shanghai.”

“Saya mengajak semua orang untuk memanjatkan doa kepada Tuhan agar Kabar Baik Kristus yang tersalib dan bangkit dapat diwartakan secara penuh, indah dan bebas, menghasilkan kebaikan bagi Gereja Katolik dan seluruh masyarakat di China,” kata paus di akhir audiensi umum mingguannya di Vatikan.

Paus Fransiskus mengatakan dia ingin “saudara dan saudari kita di China” mengetahui bahwa umat Katolik di seluruh dunia dekat dengan mereka, “berbagi kegembiraan dan harapan mereka,” dan “semua orang yang menderita, klerus dan umat beriman,” menemukan penghiburan dan dorongan “dalam persekutuan dan solidaritas Gereja universal.”

Tahun 2018, Vatikan dan pemerintah China menandatangani perjanjian yang menguraikan prosedur untuk memastikan uskup Katolik dipilih oleh komunitas Katolik di China dan disetujui oleh paus sebelum pentahbisan dan pelantikan mereka.

Perjanjian tersebut diperbarui tahun 2020 dan lagi tahun 2022. Namun, pada April, otoritas China memindahkan Uskup Joseph Shen Bin dari Keuskupan Haimen ke Keuskupan Shanghai tampaknya tanpa persetujuan Vatikan.

Pada November, hanya sebulan setelah pembaruan terakhir, Vatikan mengeluarkan pernyataan penyesalan publik, yang pada dasarnya menuduh pemerintah China melanggar perjanjian itu ketika Uskup John Peng Weizhao dari Yujiang dilantik sebagai uskup auksilier Jiangxi, sebuah keuskupan tidak diakui oleh Takhta Suci.”

Sumber: Pope prays Chinese Catholics can practice faith freely

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi