UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Filsuf China bergabung dengan akademi kepausan

Juni 7, 2023

Filsuf China bergabung dengan akademi kepausan

Tongdong Bai, 53, adalah seorang profesor filsafat di Universitas Fudan di Shanghai, China. (Foto: Masyarakat Asia/YouTube)

Paus Fransiskus telah menunjuk tiga anggota baru untuk Akademi Ilmu Sosial Kepausan termasuk seorang filsuf politik dari China, Tongdong Bai, kata Kantor Pers Vatikan pada 5 Juni.

Dua anggota baru lainnya adalah Tracey Rowland, seorang teolog dari Australia, dan Justin Farrell, seorang sosiolog dari Amerika Serikat.

Tongdong Bai, 53, adalah seorang profesor filsafat di Universitas Fudan di Shanghai, China.

Dia adalah akademisi China pertama yang diangkat ke badan Vatikan, kata laporan media.

Dia diharapkan berperan kunci karena akademi tersebut dijadwalkan akan mengadakan lokakarya bertajuk “Dialog Antar Peradaban tentang Kesamaan Global” di Roma pada 27-28 Juni.

“Karena peran China yang semakin sentral dalam masalah global, penting bagi dunia untuk mengenal dan memahami China dengan caranya sendiri – bukan melalui lensa dari luar tetapi dari sudut pandangnya sendiri,” kata akademi tersebut.

Tongdong Bai lahir di Beijing tahun 1970.

Bai adalah profesor filsafat di Universitas Fudan di Shanghai, China, dan profesor hukum global di Fakultas Hukum Universitas New York, AS.

Dia memperoleh gelar dalam bidang fisika nuklir dan filsafat sains dari Universitas Beijing. Dia mengajar filsafat di Universitas Xaverius di Cincinnati, Ohio, AS.

Bai dianugerahi gelar doktor dalam bidang filsafat dari Universitas Boston, AS, tahun 2004, berspesialisasi dalam filsafat China dan filsafat politik, terutama filsafat politik China tradisional.

Dia telah menulis banyak publikasi tentang filsafat China dan filsafat politik.

Sumber: Chinese philosopher joins papal academy

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi