UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Para pemimpin Gereja bahas pembentukan sinode di Asia

September 13, 2023

Para pemimpin Gereja bahas pembentukan sinode di Asia

Umat Katolik membawa salib menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke Thailand, di luar Gereja Phra Mae Prachak, Provinsi Suphan Buri, Thailand tengah, pada 26 Oktober 2019. (Foto: AFP)

 

Klerus, pemimpin religius dan umat awam dari seluruh Asia telah bergabung dalam pertemuan konsultasi di Thailand mengenai pembentukan sinode untuk mencapai sebuah Gereja sinode, kata sebuah laporan.

Para anggota badan konsultatif Federasi Konferensi-konferensi Waligereja Asia (FABC) sedang membahas pemahaman dan apresiasi mereka terhadap Gereja sinode di Pattaya, Thailand pada 11-15 September, lapor Radio Veritas Asia (RVA).

Konsultasi tersebut bertujuan mengartikulasikan ciri-ciri, kriteria, dan ekspresi budaya pembentukan sinode di Asia dan merumuskan rencana aksi untuk melaksanakan pembentukan sinode di berbagai pelayanan Gereja di Asia, kata laporan itu.

Pertemuan ini digelar menjelang Sinode internasional tentang Sinodelitas di Vatikan pada Oktober yang diselenggarakan oleh Paus Fransiskus yang memimpikan sebuah Gereja sinode.

Pertemuan dua bagian dengan tema “Untuk Gereja Sinode: Persekutuan, Partisipasi, dan Misi”, akan diadakan pada 4-28 Oktober dan berakhir pada Oktober 2024.

Beberapa kantor FABC – Kantor Awam dan Keluarga, Kantor Hidup Bakti, Kantor Pendidikan dan Pembinaan Iman, dan Kantor Kepedulian Teologi – telah bersama-sama menyelenggarakan program ini dengan perwakilan dari berbagai negara Asia.

Pertemuan di Pattaya merupakan kelanjutan dari konsultasi FABC mengenai sinodalitas di Asia.

Selama perayaan yubileum emas FABC pada 12-30 Oktober tahun lalu di Bangkok, sekitar 20 kardinal, 120 uskup, 37 imam, delapan biarawati, dan 41 umat awam dari seluruh Asia menyusun rencana pastoral untuk Gereja Asia.

Rencana tersebut berupaya untuk mengatasi realitas sosial, ekonomi, agama, dan politik yang muncul di benua ini di mana umat Kristen merupakan minoritas.

Pada Maret, FABC merilis dokumen sinode kontinental yang mendesak Gereja-gereja di Asia untuk berperan aktif dalam mengatasi kenyataan mendesak termasuk migran, pengungsi, masyarakat adat, perubahan iklim, masalah keluarga, perempuan, dan pemuda.

Sumber: Church leaders discuss synodal formation in Asia

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi