UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus batalkan perjalanan ke Dubai untuk konferensi perubahan iklim

Nopember 30, 2023

Paus Fransiskus batalkan perjalanan ke Dubai untuk konferensi perubahan iklim

Umat beriman berkumpul untuk menghadiri Doa Angelus via layar, dipimpin oleh Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus di Vatikan pada 26 November. (Foto: AFP)

 

“Dengan sangat menyesal,” Paus Fransiskus menerima nasihat dokternya untuk tidak melakukan perjalanan ke Dubai, Uni Emirat Arab, pada 1-3 Desember dan sedang mencari cara alternatif agar Vatikan dapat berpartisipasi dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kata  kantor pers Vatikan.

Paus dijadwalkan menjadi salah satu dari puluhan pemimpin dunia yang akan berpidato di KTT Aksi Iklim Dunia di awal konferensi, yang umumnya dikenal sebagai COP28.

“Meskipun kondisi klinis umum Bapa Suci telah membaik terkait flu dan radang saluran pernapasan,” yang telah mendapat perawatan sejak 25 November, “para dokter telah meminta paus untuk tidak melakukan perjalanan yang direncanakan ke Dubai, kata Matteo Bruni, direktur kantor pers Vatikan, pada 28 November.

“Paus Fransiskus menerima permintaan para dokter dengan sangat menyesal dan perjalanan tersebut dibatalkan,” kata Bruni, seraya menambahkan Vatikan sedang mempelajari cara-cara agar Paus dan Takhta Suci masih dapat “menjadi bagian dari konferensi” mengenai cara mengatasi krisis iklim.

Awal tanggal 25 November Paus Fransiskus membatalkan pertemuan hariannya karena gejala “mirip flu”, dan sore itu ia pergi ke Rumah Sakit Gemelli Isola di Roma untuk melakukan CT scan paru-parunya.

“CT scan menyingkirkan kemungkinan adanya pneumonia, namun menunjukkan peradangan paru yang menyebabkan beberapa kesulitan pernapasan,” kata Bruni pada 27 November.

Akses IV terlihat di tangan kanan paus pada 26 November ketika ia duduk di samping seorang ajudan di kapel kediamannya untuk pembacaan Doa Angelus pada tengah hari.

Karena dia masih sakit, paus, yang akan merayakan ulang tahunnya ke-87 pada 17 Desember, memimpin Doa Angelus  dari kapel  jendela studionya yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus.

Sejak itu, Paus Fransiskus menunda beberapa audiensi dengan kelompok besar sambil melanjutkan beberapa pertemuan. Namun, pada 28 November, ia menghabiskan lebih dari dua jam dengan para uskup Spanyol untuk membahas kunjungan ke seminari-seminari di negara tersebut yang diperintahkan Vatikan baru-baru ini.

Bruni mengatakan paus masih berencana mengadakan audiensi umum mingguan pada 29 November, yang dijadwalkan berlangsung di ruang audiensi Vatikan, bukan di Lapangan Santo Petrus.

Bertepatan dengan konferensi COP28, Paus Fransiskus menulis dan merilis ensikliknya “Laudate Deum” (“Puji Tuhan”), yang merupakan tindak lanjut dari ensikliknya tahun 2015 “Laudato Si’, Tentang Peduli Rumah Kita Bersama.”

Dalam dokumen barunya, ia menulis bahwa ia berharap COP28 akan “mewakili perubahan arah,” yang menunjukkan komunitas global serius dalam membendung dampak perubahan iklim.

Sumber: Pope cancels Dubai trip although his health is improving

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi