UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Uskup baru di China ditahbiskan dengan persetujuan Paus Fransiskus

Januari 26, 2024

Uskup baru di China ditahbiskan dengan persetujuan Paus Fransiskus

Seorang penganut Kristen berdoa di Wuhan. (Foto: AFP)

 

Uskup Thaddeus Wang Yuesheng ditahbiskan menjadi uskup untuk Keuskupan Zhengzhou, China pada 25 Januari dengan persetujuan Paus Fransiskus.

Uskup Wang, 57, ditahbiskan oleh Uskup Shanghai Mgr. Joseph Shen Bin sesuai dengan kesepakatan antara Takhta Suci dan China mengenai penunjukan uskup, kata kantor pers Vatikan.

Paus Fransiskus telah menunjuk Pastor Wang untuk menjadi uskup baru untuk Keuskupan Zhengzhou di Provinsi Henan pada 16 Desember 2023, menurut Vatikan.

Uskup Wang lahir di Zhumadian di Provinsi Henan pada 27 Februari 1966, dan ditahbiskan menjadi imam di Hankou tahun 1993. Ia melayani sebagai pastor paroki di Zhengzhou dan pastor paroki di Distrik Huji, menurut Vatikan.

Vatikan memperbarui perjanjiannya dengan China mengenai penunjukan uskup tahun 2022 dan menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk melakukan “dialog yang saling menghormati” dengan pemerintah komunis China dan “mendorong misi Gereja Katolik dan kebaikan rakyat China.”

“Perjanjian sementara”, yang dibuat tahun 2018 dan diperbarui tahun 2020, diperpanjang untuk dua tahun lagi tahun 2022.

Teks perjanjian tersebut tidak pernah dipublikasikan, namun para pejabat Vatikan mengatakan bahwa perjanjian tersebut menguraikan prosedur untuk memastikan para uskup Katolik dipilih oleh komunitas Katolik di China dan disetujui oleh paus sebelum ditahbiskan dan dilantik.

Dalam enam tahun terakhir, hanya tujuh uskup yang ditunjuk dan dilantik berdasarkan ketentuan perjanjian tersebut.

Penunjukan Uskup Wang adalah yang pertama sejak tahun 2022, menurut AsiaNews.

Penunjukan terakhir berdasarkan perjanjian tersebut adalah Uskup Francis Joseph Cui Qingqi yang ditahbiskan sebagai uskup untuk Keuskupan Wuhan tahun 2021.

Sumber: New Chinese bishop ordained with Pope Francis approval

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi