UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus disuguhi tarian Barongsai di Vatikan menyambut Tahun Baru Imlek

Pebruari 5, 2024

Paus disuguhi tarian Barongsai di Vatikan menyambut Tahun Baru Imlek

Paus Fransiskus menyapa para seniman di antara penonton. (Foto: Media Vatikan)

 

Paus Fransiskus “menyapa” para penari Barongsai, sebuah tarian  tradisional China, yang dipentaskan di Vatikan  dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa.

Dia memuji para penari yang mementaskan  “seni tari ini” dan berterima kasih atas perhatian mereka terhadap budaya saat audiensi di Vatikan pada 2 Februari dengan delegasi dari Federasi Nasional Italia-China dan Akademi Seni Bela Diri China, Vercelli, di Italia utara.

“Saya menyambut hangat kepada Anda semua dan saya berterima kasih atas kunjungan Anda” untuk memperingati 10 tahun berdirinya federasi – sebuah asosiasi budaya nirlaba yang mempromosikan solidaritas dan persahabatan antara Italia dan China – dan mempersiapkan untuk Tahun Baru Imlek.

Tahun Baru Imlek akan dirayakan pada 10 Februari, dan tahun 2024 warga Tionghoa akan menyambut Tahun Naga, khususnya  Naga Kayu — salah satu dari 12 hewan dalam zodiak China.

Ia menyampaikan apresiasinya atas upaya kelompok tersebut dalam mendorong dialog “dan berupaya menanggapi tantangan yang ditimbulkan dengan mengintegrasikan   budaya, pendidikan, dan promosi nilai-nilai sosial bersama.”

Ketika “komunitas Italia dan China semakin mengenal satu sama lain, hal ini dapat mengarah pada penerimaan timbal balik dan semangat persaudaraan yang lebih besar.”

Tarian tradisional China itu, yang dipertunjukkan oleh para pemainnya di hadapan  paus, “mengungkapkan harapan bahwa Tahun Baru akan sejahtera dan produktif,” katanya.

Pertunjukan tersebut termasuk meminta paus mengecat mata naga dengan cat merah untuk menghidupkannya secara simbolis.

Dalam sambutannya kepada para penari Barongshai, ia mengakui keterampilan mereka dalam “pementasan yang berani yang spektakuler dan bahkan sangat berisiko”.

Ia mendorong mereka semua “untuk terus mengambil risiko dalam jalur dialog, dan dengan cara ini menjadi ‘akrobat perdamaian dan persaudaraan.'”

Sumber: Pope treated to ceremony at Vatican to usher in Chinese new year

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi