UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

ASIA PEKAN INI: Topan Remal menimbulkan kemarahan di Bangladesh dan India

Juni 1, 2024

ASIA PEKAN INI: Topan Remal menimbulkan kemarahan di Bangladesh dan India

Seorang anak berdiri di dekat rumahnya yang hancur di Patuakhali pada 28 Mei. Topan Remal, yang melanda dataran rendah Bangladesh dan negara tetangga India pada 26 Mei menyebabkan sedikitnya 31 orang tewas, menghancurkan ribuan rumah, menghancurkan tembok laut dan membanjiri kota-kota di kedua wilayah tersebut. negara. (Foto: AFP)

 

Setiap akhir pekan, UCA News merangkum berita-berita utama terkait Gereja Katolik dari seluruh wilayah di Asia. Berikut adalah berita-berita utama selama pekan ini.

 

BANGLADESH: Topan Remal timbulkan kemarahan di Bangladesh dan India

Topan Remal yang dahsyat menghantam Bangladesh selatan dan India timur antara Minggu dan Senin dan meninggalkan jejak kehancuran.

Setidaknya 21 orang dilaporkan tewas di Bangladesh ketika topan melanda 19 distrik dan berdampak pada sedikitnya 3,75 juta orang.

Badai tersebut menumbangkan ribuan pohon, menumbangkan ribuan tiang listrik, membanjiri ratusan desa pesisir, merusak lebih dari 50.000 rumah, menghanyutkan ribuan peternakan ikan, dan menghancurkan tanaman pangan di wilayah yang luas.

Setidaknya 2,75 juta orang hidup tanpa aliran listrik selama tiga hari. Di India, topan tersebut dilaporkan menewaskan sedikitnya 24 orang.

Tujuh belas orang tewas akibat tanah longsor di negara bagian Mizoram pada Selasa ketika sebuah tambang batu runtuh.

Enam orang lainnya tewas di Negara Bagian Benggala Barat. Ahli iklim mengatakan frekuensi dan intensitas bencana alam seperti angin topan meningkat akibat perubahan iklim.

 

PAPUA NUGINI: Tim penyelamat di Papua Nugini terus melakukan pencarian korban selamat menyusul tanah longsor

Tim penyelamat di Papua Nugini terus melakukan pencarian korban selamat menyusul tanah longsor besar di dataran tinggi terpencil yang dilaporkan menyebabkan banyak orang tewas di bawah tumpukan puing dan lumpur.

Bencana tersebut melanda wilayah terpencil di Provinsi Enga pada dini hari,  24 Mei, ketika banyak penduduk desa sedang tertidur di rumah. Upaya penyelamatan terhambat oleh medan yang terjal dan kerusakan jalan-jalan utama.

Foto selebaran ini diambil oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada 25 Mei, yang menunjukkan penduduk setempat berjalan di atas tanah longsor di Desa Yambali, wilayah Maip Mulitaka, Provinsi Enga, Papua Nugini. (Foto: AFP)

Palang Merah memperkirakan sebanyak 500 orang mungkin terluka atau tewas. Gambar-gambar menunjukkan pemandangan kehancuran total, dengan sebagian besar tanah terbelah dari Gunung Mungalo yang ditumbuhi tanaman lebat.

Longsoran tersebut meninggalkan batu-batu besar seukuran mobil, pohon tumbang, dan tanah yang membentang hingga ke dasar lembah.

Longsor terjadi akibat seringnya hujan deras. Pada  Maret, tanah longsor kembali menewaskan sedikitnya 23 orang.

 

PAKISTAN: Umat Kristen mulai kembali ke rumah mereka setelah serangan massa

Umat Kristen mulai kembali ke rumah mereka di tengah ketegangan setelah serangan massa Muslim baru-baru ini atas dugaan penodaan agama di koloni mereka di Pakistan timur.

Setidaknya 50 keluarga dari total 200 keluarga meninggalkan rumah mereka setelah Nazir Masih dituduh mencemarkan nama baik Islam dengan diduga membakar halaman-halaman Alquran.

Sekitar separuh penduduk koloni Mujahid di distrik Sargodha, Provinsi Punjab beragama Katolik. Polisi menangkap 28 orang yang diduga terlibat dalam penyerangan Sabtu pekan lalu. Masih, 74, terluka dalam serangan itu dan menerima perawatan di rumah sakit.

Polisi berjaga di luar Gereja Santo Johanes yang telah direhabilitasi, beberapa bulan setelah serangan atas dugaan penodaan agama, di Jaranwala, Provinsi Punjab, pada 25 Desember 2023. Pada 25 Mei tahun ini, serangan massa lainnya terjadi karena penistaan agama di provinsi penting tersebut. (Foto: AFP)

Massa membakar dua rumah di koloni tersebut dan sebuah pabrik sepatu milik Masih. Polisi juga menyelamatkan anggota keluarganya dan keberadaan mereka masih belum diketahui.

Setelah serangan itu, keamanan ditingkatkan di daerah tersebut untuk mencegah kekerasan lebih lanjut.

Serangan itu memicu protes jalanan dari umat Kristen di kota-kota besar. Para pengunjuk rasa menyerukan keadilan dan diakhirinya penganiayaan terhadap umat Kristen.

 

INDIA: Pelayanan Gereja India Selatan terhenti ketelah perintah MA 

Kegiatan sehari-hari denominasi Kristen terbesar kedua di India, Gereja India Selatan, terhenti karena perintah Mahkamah Agung (MA).

Pekan lalu, pengadilan tinggi melarang administrator pemerintah menjalankan kekuasaan mereka hingga sidang berikutnya pada 8 Juli.

Seorang pejabat Gereja menyesalkan bahwa administrasi rutin terhambat karena tidak ada orang yang mengatur urusan sehari-hari. Pejabat tersebut khawatir apakah para pekerja  Gereja akan menerima gaji mereka untuk bulan ini.

Para pendeta CSI menghadiri pertemuan di kota  Madurai pada 26 Maret. (Foto: csi1947.com)

Pada 12 April, Pengadilan Tinggi Madras di Chennai, ibu kota negara bagian Tamil Nadu, menunjuk dua pensiunan hakim sebagai administrator Gereja dengan wewenang untuk menangani keuangan dan mengadakan pemilihan Sinode, badan pembuat keputusan tertinggi Gereja.

Hal ini terjadi setelah sekelompok umat awam melontarkan tuduhan korupsi terhadap mantan moderator Sinode, Uskup Dharmaraj Rasalam. Gereja memiliki lebih dari empat juta anggota di India dan Sri Lanka.

 

SRI LANKA: Pemimpin agama mengatakan festival Waisak beri kesempatan bagi warga Sri Lanka  memupuk keharmonisan 

Untuk menunjukkan kemurahan hati dan keharmonisan, umat Katolik Sri Lanka terlibat dalam pelayanan masyarakat sukarela dan sedekah selama festival tahunan Buddha, Waisak, yang berlangsung selama sepekan.

Festival yang diadakan pada 21-27 Mei ini memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha.

Para pemimpin agama mengatakan festival ini menawarkan kesempatan bagi masyarakat Sri Lanka untuk memupuk keharmonisan dan rekonsiliasi di tengah tantangan ekonomi yang sulit.

Di Negombo, yang dikenal sebagai “Roma Kecil” karena komunitas Katoliknya yang besar, umat Katolik mendirikan lebih dari seratus kedai makanan untuk menawarkan makanan dan air minum kepada umat Buddha yang mengunjungi kuil.

Umat Buddha tiba untuk berdoa di tengah hujan di Kuil Buddha Kelaniya selama ‘festival Waisak’ untuk memperingati kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha, di Kelaniya, Sri Lanka, pada 23 Mei. (Foto: AFP)

Pasar setempat penuh dengan kios yang menyajikan kopi, biskuit, sup sayur, mie, nasi goreng, kacang tanah, roti, kue, minuman herbal, susu, minuman ringan, dan es krim.

Banyak rumah tangga Katolik dan lembaga-lembaga yang dikelola Gereja membantu menghiasi jalan-jalan dengan lentera Waisak dan dekorasi lainnya.

Umat Buddha berjumlah 70,2 persen sementara umat Katolik berjumlah 7,4 persen dari sekitar 22 juta penduduk Sri Lanka.

 

CHINA: Akademisi dan aktivis China nyatakan keprihatinan atas kurangnya akses terhadap informasi online

Para akademisi dan aktivis China telah menyatakan keprihatinan mereka  atas berkurangnya akses terhadap informasi online dengan cepat di negara yang dikuasai komunis tersebut.

Mereka menyalahkan undang-undang sensor yang ketat di negara tersebut atas hilangnya arsip online, khususnya tentang sejarah terkini negara tersebut.

Seorang sarjana yang berbasis di Kota Chongqing, Wang, menuduh bahwa salah satu alasan mengapa konten yang diarsipkan menghilang dengan cepat adalah karena pengetatan sensor pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi foto ini menunjukkan layar Weibo dengan nama Presiden baru Taiwan Lai Ching-te, dan pesan yang berbunyi ‘Menurut undang-undang, dan kebijakan terkait, konten topik ini belum ditampilkan,’ di Beijing pada 20 Mei. (Foto: AFP)

Arsip internet yang dijalankan oleh para peneliti di Universitas Peking yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian kata kunci di lebih dari 2,5 miliar halaman web bersejarah dari jutaan situs web berbahasa China kini tidak berfungsi.

Tes yang dilakukan oleh tim Taiwan dan Eropa menunjukkan bahwa situs tersebut gagal dimuat minggu lalu.

Demikian pula, konten online di banyak situs web China telah dihapus atas perintah pemerintah. Isinya mencakup peristiwa bermuatan politik seperti pembantaian pengunjuk rasa pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen pada 4 Juni 1989.

 

HONG KONG: Pengadilan Hong Kong memutuskan 14 aktivis pro-demokrasi bersalah atas subversi

Pengadilan  Hong Kong memutuskan 14 aktivis pro-demokrasi bersalah atas subversi dalam kasus terbesar berdasarkan undang-undang keamanan nasional yang represif yang diberlakukan oleh Beijing.

Mereka, bersama 31 orang lainnya yang mengaku bersalah, dapat dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada akhir tahun ini.

UU yang kejam ini mengkriminalisasi berbagai bentuk perbedaan pendapat dan dipandang sebagai alat untuk mengekang kebebasan berekspresi dan berserikat di bekas jajahan Inggris tersebut.

Aturan ini diberlakukan tahun 2020 menyusul protes pro-demokrasi besar-besaran yang seringkali disertai kekerasan yang melanda kota tersebut.

Polisi coba mengendalikan personel media di luar Pengadilan West Kowloon Magistrates di Hong Kong pada 30 Mei. (Foto: AFP)

Jaksa negara itu mendakwa 47 orang dari berbagai lapisan masyarakat dengan tuduhan subversi, dan mengatakan aktivitas politik mereka bertujuan  menjatuhkan pemerintah. Mereka termasuk para politisi, mantan anggota parlemen, pejabat pemerintah, dan aktivis.

Kelompok HAM dan pemerintah Barat menuduh rezim Hong Kong  pro-Beijing menindas demokrasi dan membatasi kebebasan yang dijanjikan ketika Inggris menyerahkan kota tersebut ke China  tahun 1997.

 

INDONESIA: Aktivis HAM  puji pembebasan  aktivis lingkungan hidup

Para aktivis HAM di Indonesia memuji pembebasan seorang aktivis lingkungan hidup sebagai sebuah kemenangan bagi mereka yang memerangi degradasi ekologi meskipun ada penindasan dari aktor negara dan non-negara.

Pengadilan Tinggi Semarang, Provinsi Jawa Tengah, mengeluarkan putusan yang memerintahkan pembebasan Daniel Frits Maurits Tangkilisan pada Kamis lalu.

Pegiat lingkungan hidup Indonesia Daniel Frits Maurits Tangkilisan dibebaskan dari tahanan oleh Pengadilan Tinggi Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada 23 Mei. (Foto tersedia)

Keputusan tersebut membatalkan putusan Pengadilan Negeri Jepara pada 4 April yang memvonisnya tujuh bulan penjara atas tuduhan “menghasut kebencian terhadap kelompok tertentu berdasarkan suku, agama, dan ras” berdasarkan Undang-Undang Transaksi Elektronik dan Informasi.

Dia didakwa atas postingan di Facebook yang mengkritik budidaya udang ilegal di taman nasional yang dilindungi di Kabupaten Jepara.

Mantan dosen tersebut menuai kemarahan dari peternakan swasta yang terlibat dalam budidaya udang ilegal yang bekerja sama dengan pejabat negara.

Dia adalah aktivis lingkungan hidup kelima yang dipenjara karena aktivisme pada masa pemerintahan mantan Presiden Joko Widodo.

 

FILIPINA: Polisi Filipina belum menangkap pria yang diduga menembak seorang biarawati 

Polisi di sebuah kota di Filipina tengah belum melacak dan menangkap pria yang diduga menembak dan melukai serius seorang biarawati  berusia 75 tahun beberapa hari lalu.

Suster Maria Gemma Onipa, seorang anggota Ordo Santa Perawan Maria Damai, ditembak oleh pria bersenjata tak dikenal di desa Burabod, kota Kawayan, Provinsi Biliran, Minggu lalu.

Polisi Filipina memeriksa TKP di mana seorang tersangka pengedar narkoba ditembak mati tahun 2017 di lokasi yang dirahasiakan. Negara ini termasuk di antara negara-negara dengan tingkat impunitas yang tinggi terhadap kejahatan serius seperti pembunuhan. (Foto: AFP)

Biarawati itu selamat dari serangan itu berkat perawatan cepat termasuk operasi di rumah sakit yang dirahasiakan.

Polisi mengatakan biarawati itu sekarang “aman” dan dalam kondisi pulih dengan baik. Namun polisi memastikan bahwa tersangka diidentifikasi sebagai pria yang mengenakan jaket kuning.

Motif dan lokasi tersangka belum diketahui. Penembakan dan pembunuhan terhadap imam dan pemuka agama serta impunitas yang diakibatkannya bukanlah hal baru di Filipina.

Pada 24 Januari 2021, Pastor  Rene Bayang Regalado ditembak mati oleh sekelompok pria bersenjata di kota Malaybalay,  Pulau Mindanao, Filipina selatan.

Pada 28 Mei tahun itu, seorang mantan imam dan perunding perdamaian berusia 80 tahun Rustico Tan ditembak mati saat tertidur di Pulau  Pilar, Provinsi Cebu, Filipina tengah.

Sumber: Syclone remal unleashes fury in bangladesh india

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi