UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Paus Fransiskus desak ‘tindakan segera’ untuk perdamaian di Gaza

Juni 11, 2024

Paus Fransiskus desak ‘tindakan segera’ untuk perdamaian di Gaza

Paus Fransiskus berbicara kepada orang banyak dari jendela istana apostolik yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus selama Doa Angelus pada 9 Juni. (Foto: AFP)

 

Paus Fransiskus telah mendorong masyarakat internasional untuk “bertindak segera” dan menggunakan segala cara yang mungkin untuk membantu masyarakat Gaza yang kelelahan akibat perang delapan bulan dengan Israel.

Setelah Doa Angelus di Vatikan pada 9 Juni, Paus Fransiskus menyerukan perdamaian di Gaza dan mendesak bantuan kemanusiaan agar segera “menjangkau mereka yang membutuhkan” dan tidak seorang pun boleh mencegah bantuan tersebut tiba, demikian Vatican News.

“Saya mendorong negosiasi yang berkelanjutan antara para pihak, meskipun itu tidak mudah,” kata paus.

“Saya berharap usulan perdamaian, gencatan senjata di semua lini, dan pembebasan sandera segera diterima demi kebaikan rakyat Palestina dan Israel,” tambah paus.

Paus Fransiskus memuji diselenggarakannya Konferensi Internasional untuk Tanggap Darurat Kemanusiaan di Gaza, yang diselenggarakan bersama oleh Yordania, Mesir, dan António Guterres, sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada 11 Juni di Yordania.

“Saya berterima kasih kepada mereka atas inisiatif penting ini, saya mendorong komunitas internasional untuk segera bertindak, dengan segala cara, membantu masyarakat Gaza, yang kelelahan akibat perang,” kata paus.

Ia juga mengatakan pada 8 Juni menandai peringatan sepuluh tahun seruan perdamaian di Vatikan, yang dihadiri oleh Presiden Israel Shimon Peres, dan Presiden Palestina Abu Mazen saat itu.

“Pertemuan itu menunjukkan bergandengan tangan adalah mungkin dan dibutuhkan keberanian untuk mewujudkan perdamaian, lebih banyak keberanian daripada berperang,” katanya.

Paus Fransiskus juga mengingatkan hadirin untuk “jangan melupakan,” Myanmar yang sedang terguncang akibat perang saudara antara pemerintahan tidak sah di bawah junta militer yang merebut kekuasaan melalui kudeta tahun 2021, dan kelompok etnis bersenjata.

Sumber: Pope Francis urges urgent action for peace in gaza

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi