UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

ASIA PEKAN INI: Tentara Myanmar bom desa-desa untuk menghentikan pemberontak

Juni 15, 2024

ASIA PEKAN INI: Tentara Myanmar bom desa-desa untuk menghentikan pemberontak

Sebuah biara Buddha yang hancur menyusul pertempuran antara militer Myanmar dan Tentara Arakan di sebuah desa di Negara Bagian Rakhine pada 21 Mei. (Foto: AFP)

 

Setiap akhir pekan, UCA News merangkum berita-berita utama terkait Gereja Katolik dari seluruh wilayah di Asia. Berikut adalah berita-berita utama selama pekan ini.

 

MYANMAR: Junta Myanmar bom desa-desa menghentikan pemberontak

Dalam upaya putus asa untuk menghentikan kemajuan pemberontak Tentara Arakan, junta militer Myanmar telah meningkatkan pemboman udara di Negara Bagian Rakhine, Myanmar barat.

Militer melancarkan 16 serangan udara  di sekitar ibu kota negara bagian itu, Sittwe.

Penduduk setempat menyatakan ketakutan mereka akan digunakan sebagai tameng dalam pertempuran tersebut.

Setidaknya 10 warga sipil terluka dalam serangan pada Selasa. Tentara Arakan mengatakan pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan militer menargetkan kota, desa, rumah sakit, klinik, pasar, sekolah, biara, dan kawasan pergerakan sipil.

Laporan media lokal mengatakan sedikitnya 13 orang termasuk tiga biksu Buddha tewas dalam serangan militer dalam seminggu terakhir di biara Sagaing di barat daya Mandalay, kota terbesar kedua di negara itu.

Awal bulan ini, hampir 80 orang dibantai oleh batalion militer di Negara Bagian Rakhine.

Pemerintah Persatuan Nasional di pengasingan mengatakan mereka ingin membawa kekejaman yang dilakukan militer ke pengadilan pidana internasional untuk diadili.

 

INDIA: Umat Kristen di India timur  “tunggu dan lihat” hasil pemilu

Umat Kristen di Negara Bagian Odisha, India timur  “tunggu dan lihat” setelah Partai nasionalis Hindu Bhartiya Janata menang telak dalam pemilihan dewan negara bagian itu.

Odisha adalah salah satu negara bagian di mana umat Kristen menghadapi tingkat persekusi yang tinggi.

Kerusuhan anti-Kristen yang mematikan di Distrik Kandhamal, Odisha merenggut sekitar 100 nyawa tahun 2008.

BJP meraih kemenangan menakjubkan dalam pemilu yang baru saja berakhir dengan mengalahkan Biju Janata Dal, sebuah partai sekuler yang memerintah negara bagian tersebut selama 24 tahun.

Reruntuhan gereja di desa Sikoketa, distrik Kandhamal pasca kerusuhan Agustus 2008. (Foto: UCA News)

BJP juga memenangkan pemilu nasional untuk masa jabatan ketiga berturut-turut. Hasilnya diumumkan pada 4 Juni.

Para pemimpin Gereja mengatakan kemenangan pertama BJP atas kekuatan mereka sendiri di Odisha merupakan suatu hal yang memprihatinkan karena banyak umat Kristiani yang belum sepenuhnya pulih dari trauma kerusuhan tahun 2008 yang dilakukan oleh kelompok Hindu.

Odisha juga menjadi berita utama tahun 1999 setelah ekstremis Hindu membakar hingga tewas misionaris Australia Graham Staines dan kedua putranya.

 

FILIPINA: Sekitar 500 petani turun ke jalan di Manila kecam pemerintah

Sekitar 500 petani turun ke jalan-ialan di ibu kota Filipina, Manila, dan ratusan lainnya di seluruh negeri untuk mengecam pemerintah atas keterlambatan dan buruknya implementasi skema reformasi agraria yang diadopsi 36 tahun lalu.

Pada Senin, para petani dari berbagai provinsi terdekat berkumpul di luar kantor pusat Departemen Reformasi Agraria di Kota Quezon untuk menyampaikan keluhan mereka.

Para pengunjuk rasa meminta Presiden Ferdinand Marcos Jr. segera menyelesaikan reformasi agraria dan mendistribusikan tanah kepada petani penerima manfaat di bawah Program Reforma Agraria Komprehensif dan undang-undang reformasi pertanahan lainnya.

Para petani dan aktivis melakukan demonstrasi menuju ibu kota Filipina, Manila, pada 6 Juni menuntut pelaksanaan reformasi agraria dan distribusi tanah kepada petani penerima manfaat. (Foto: Jimmy A.Domingo)

Protes para petani mendapat dukungan dari kelompok petani dan asosiasi masyarakat sipil. Ribuan petani penerima manfaat seharusnya mendapatkan sertifikat pemerintah untuk memperoleh hak atas lahan pertanian mereka, yang diharapkan dapat mematahkan monopoli tuan tanah yang berkuasa.

Para kritikus mengatakan lambatnya kemajuan skema ini disebabkan oleh penolakan yang kuat dari tuan tanah dan perusahaan berpengaruh serta kurangnya kemauan politik dari pemerintahan berikutnya.

 

KOREA SELATAN: Laporan Korsel temukan  Utara bantai puluhan orang Kristen selama Perang Korea

Laporan komisi independen Korea Selatan menemukan bahwa komunis Korea Utara membantai puluhan orang Kristen selama Perang Korea dan menuduh mereka menjadi kolaborator Barat.

Dalam laporan yang dirilis pada Rabu, Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi mendesak pemerintah Korea Selatan untuk mengambil tindakan untuk mendukung keluarga para korban.

Laporan tersebut mengatakan 54 orang Kristen dibunuh di Gereja Byeongchon pada September 1950.

Laporan tersebut juga meminta Seoul untuk meminta maaf kepada Pyongyang atas nama para korban dan anggota keluarga mereka.

Orang-orang mengunjungi makam di Pemakaman Nasional saat Korea Selatan memperingati Hari Peringatan, yang menghormati mereka yang tewas selama Perang Korea 1950-53 dan dalam operasi lain saat mengabdi pada negara mereka, di Seoul pada 6 Juni. (Foto: AFP)

Komisi mengatakan di antara para korban, 30 orang adalah perempuan dan 24 laki-laki. Pembantaian di gereja Byeongchon merupakan kasus ketiga yang menjadikan tawanan perang sebagai korban berdasarkan pandangan agama mereka.

Kasus-kasus sebelumnya yang diselidiki oleh komisi tersebut termasuk pembunuhan umat Kristen di Jeonbuk dan umat Katolik di Chungcheong.

Laporan media mengatakan sekitar 1.700 orang Kristen dibunuh karena keyakinan mereka oleh pasukan Korea Utara selama perang.

 

HONG KONG: Tiga hakim internasional umumkan pengunduran diri dari peradilan Hong Kong

Tiga hakim internasional mengumumkan bahwa mereka mengundurkan diri dari peradilan Hong Kong di tengah menurunnya kebebasan dan hak-hak di bekas jajahan Inggris tersebut.

Hakim Kanada Beverley McLachlin mengumumkan pada Selasa bahwa dia akan mundur dari Pengadilan Banding Akhir setelah masa jabatannya berakhir pada 29 Juli.

Jumat lalu, Ketua Hakim Andrew Cheung mengumumkan dengan “penyesalan” bahwa dia telah menerima surat pengunduran diri dari mantan hakim Mahkamah Agung Inggris Jonathan Sumption dan Lawrence Collins.

Para hakim yang mengenakan jubah dan rambut palsu dari bulu kuda menghadiri upacara yang diadakan untuk menandai pembukaan tahun hukum di Hong Kong pada 22 Januari 2024. (Foto: AFP)

Hakim Collins kemudian mengatakan bahwa dia mengundurkan diri dari Pengadilan Banding Akhir karena
“situasi politik” di Hong Kong, yang secara luas dipandang sebagai rujukan terselubung terhadap undang-undang keamanan nasional yang telah memicu tindakan keras yang diilhami Beijing terhadap perbedaan pendapat sejak pertengahan tahun 2020.

Sejak penyerahan Inggris ke China tahun 1997, Undang-Undang Dasar Hong Kong, konstitusi mini, mengizinkan perekrutan hakim dari luar. Pemerintah Hong Kong pro-Beijing membela undang-undang keamanan nasional dan peradilan serta menuduh Inggris berupaya mencampuri urusan hukum dalam negeri.

 

SRI LANKA: Gereja Katolik Sri Lanka desak pemerintah untuk tidak menunda pilpres

Gereja Katolik dan kelompok HAM di Sri Lanka mendesak pemerintah untuk tidak menunda pemilihan presiden dan mengecam upaya mengadakan referendum untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Ranil Wickremesinghe.

Dalam pertemuan di ibu kota negara pada Selasa, Kardinal Malcolm Ranjith mengatakan upaya pemerintah untuk mempertahankan kekuasaan bertentangan dengan aspirasi dan hak masyarakat.

Ranil Wickremesinghe (kiri), menghadiri upacara pengambilan sumpah di Istana Presiden di Kolombo, Sri Lanka, pada 14 Juli 2022. (Foto: Kantor Presiden Sir Lanka melalui AFP-JIJI)

Partai-partai oposisi dan aktivis telah melakukan protes sejak pemimpin tertinggi Partai Persatuan Nasional yang berkuasa mengisyaratkan kemungkinan referendum untuk memperpanjang masa jabatan Wickremesinghe.

Wickremesinghe mendapat kecaman luas karena gagal menghidupkan kembali perekonomian yang sedang lesu dan menggunakan kekuasaan untuk membungkam perbedaan pendapat.

Kritikus menuduhnya berusaha menutupi korupsi dan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh dinasti politik Rajapaksa yang berkuasa di Sri Lanka sejak tahun 2005 dan mendorong negara tersebut ke dalam kebangkrutan.

Komisi Pemilihan Umum mengatakan pemilihan presiden harus diadakan antara 17 September dan 17 Oktober.

 

PAKISTAN: Aktivis Gereja di Pakistan kritik pelarangan  penerbitan paspor bagi pencari suaka

Para pejabat dan aktivis Gereja di Pakistan mengkritik perintah pemerintah yang melarang penerbitan paspor bagi warga negara yang mencari suaka di luar negeri dan menyebutnya sebagai langkah yang tidak adil dan tidak dapat diterima.

Dalam sebuah komunikasi, kantor pusat Direktorat Jenderal Imigrasi dan Paspor meminta kantornya untuk berhenti mengeluarkan paspor bagi mereka yang mencari suaka atau sudah tinggal di suaka “demi kepentingan nasional terbaik.” Komunikasi “rahasia” tersebut dipublikasikan di media lokal pada hari Selasa.

Pengungsi Pakistan terlihat di kamar sementara setelah dibebaskan dengan jaminan dari tahanan di ibu kota Thailand, Bangkok, dalam foto ini. (AFP)

Uskup Samson Shukardin, ketua Konferensi Waligereja Pakistan, mengatakan kebijakan baru ini merupakan “upaya untuk memuaskan kekhawatiran komunitas internasional atas serangan baru-baru ini terhadap agama minoritas.”

Dia menambahkan, alih-alih membuat kebijakan yang timpang, pemerintah “seharusnya menerapkan langkah-langkah untuk melindungi kelompok agama minoritas.”

Karena penganiayaan terus-menerus oleh kelompok Islam garis keras, ratusan umat Kristen dan kelompok minoritas lainnya telah meninggalkan Pakistan selama bertahun-tahun.

 

VIETNAM: Banyak orang Kristen yang tinggal di berbagai negara sebagai pengungsi 

Banyak orang Kristen yang tinggal di berbagai negara termasuk Thailand, Malaysia dan Sri Lanka sebagai pengungsi dan pencari suaka.

Pengawas hak asasi manusia global Human Rights Watch mendesak pemerintah Vietnam untuk membebaskan jurnalis, blogger dan penulis terkemuka Huy Duc.

Dalam sebuah pernyataan Jumat lalu, kelompok tersebut mengatakan Duc telah ditahan secara tidak adil dan ditahan tanpa komunikasi berdasarkan undang-undang yang sering digunakan untuk menghancurkan perbedaan pendapat.

Polisi Hanoi menahan Duc pada 1 Juni dan keluarganya diberitahu tentang penangkapan itu seminggu kemudian. Laporan media mengatakan baik pengacara maupun keluarganya tidak diizinkan bertemu dengannya sejak penahanannya.

Jurnalis, blogger, dan penulis Vietnam Huy Duc ditahan oleh polisi Hanoi pada 1 Juni. (Foto: hrw.org)

Duc adalah salah satu komentator politik Vietnam paling berpengaruh di Facebook dengan sekitar 350.000 pengikut.

Dia mendapat kecaman setelah mengkritik pemusatan kekuasaan di Kementerian Keamanan Publik Vietnam yang terkenal represif. Kementerian ini sebelumnya dipimpin oleh presiden baru To Lam.

Ia juga mengkritik kelemahan kampanye antikorupsi yang dipimpin oleh pimpinan Partai Komunis baru-baru ini. Halaman Facebook Duc telah dihapus sejak penangkapannya dan tidak lagi dapat diakses.

 

MAKAU: Survei temukan  separuh kaum muda tidak memiliki rencana untuk menikah

Sebuah survei baru menemukan bahwa hampir separuh penduduk muda yang disurvei di Makau berusia antara 18 dan 34 tahun tidak memiliki rencana untuk menikah dalam waktu lima tahun.

Survei yang dilakukan oleh Women’s General Association of Macau dirilis Kamis lalu. Itu dilakukan pada April di antara 925 responden.

Survei ini menemukan bahwa ada tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap pandangan kaum muda mengenai pernikahan dan melahirkan anak – yaitu pertimbangan finansial, kecocokan dengan pasangannya, dan pandangan individu terhadap pernikahan dan karier.

Musisi muda mengikuti kompetisi di Makau pada 6 Oktober 2023. Tingkat pendapatan mempengaruhi sikap kaum muda terhadap pernikahan dan melahirkan di wilayah otonom di pantai selatan China. (Foto: AFP)

Hal ini menunjukkan bahwa baik responden yang berpenghasilan tinggi maupun yang berpenghasilan rendah kurang tertarik pada pernikahan dan kehidupan berkeluarga. Seperti wilayah lain di China seperti Hong Kong, Makau mengalami tingkat kelahiran yang rendah dalam beberapa waktu terakhir.

Data resmi menunjukkan jumlah kelahiran hidup tahun 2023 menurun sebesar 14,5 persen dibandingkan tahun lalu. Populasi keseluruhan mengalami pertumbuhan negatif sebesar 0,1 persen tahun 2023.

 

INDONESIA: Uskup Indonesia tolak izin tambang yang ditawarkan kepada kelompok agama 

Para uskup Katolik di Indonesia telah menolak izin pertambangan yang ditawarkan kepada kelompok agama oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Para pemimpin Gereja juga mendesak semua organisasi Katolik untuk menjunjung tinggi martabat manusia, keadilan, solidaritas, subsidiaritas, kebaikan bersama, dan menjaga integritas ciptaan dalam pekerjaan mereka.

Penduduk desa berdiri di atas tanah keluarga mereka menyaksikan operasi penambangan nikel di Pulau Wawonii, Indonesia. (Foto: Adek Berry/AFP)

Namun, seorang pemimpin Katolik yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan langkah tersebut merupakan hal yang baik karena kelompok agama dapat memperkuat organisasinya melalui bisnis.

Widodo menandatangani keputusan pada 30 Mei yang membuka jalan bagi kelompok agama untuk memberikan konsesi guna “meningkatkan kesejahteraan sosial.”

Jaringan Advokasi Tambang yang merupakan pengawas lingkungan hidup mengecam peraturan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menjaga dan mengendalikan sumber daya alam demi kepentingan kelompok elit.

Mereka menuduh langkah tersebut merupakan “rasa terima kasih Jokowi kepada kelompok agama karena telah mendukungnya selama dua masa jabatannya” dan berupaya mempertahankan pengaruh politiknya.

Sumber: Myanmars army bombs villages to stop

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi