UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Blair, penganut agama di Cina lebih dari yang di Eropa

April 15, 2011

Blair, penganut agama di Cina lebih dari yang di Eropa

Tony Blair

Jumlah kaum Muslim di Cina lebih dari jumlah total kaum Muslim di Eropa. Umat Protestan yang aktif di Cina lebih banyak dari jumlah umat Protestan di Inggris. Umat Katolik yang aktif di Cina lebih dari yang ada di Italia. Diperkirakan ada 100 juta atau lebih orang yang mengaku beragama Budha di Cina.

Baru-baru ini saya berada di sebuah propinsi di Cina. Saya bertemu dengan seorang gubernur beragama Islam. Secara bertanya secara terbuka karena tertarik dengan berbagai kegiatan Faith Foundation saya. Survei resmi Cina menunjukkan bahwa satu dari tiga orang Cina mengaku beragama. Ini berbeda dengan situasi di Cina 30 tahun lalu.

Selain itu, pemerintah Cina sendiri mendukung kebangkitan Konfusianisme dan filsafat etika Cina kuno lainnya. Baru-baru ini, pemerintah mendukung penyelenggaraan dua forum nasional – Taoisme dan Budhisme. Persetujuan pemerintah seperti itu merupakan tanda kembalinya Cina modern ke kebanggaan mereka atas kebudayaan dan sejarah kunonya. Islam dan Kristen Nestorian datang ke Cina pada abad ke-7. Sementara pada abad ke-17 adaptasi dengan kebudayaan Cina dilakukan oleh Yesuit terkenal, Pastor Mateo Ricci, sekalipun prestasi ini digagalkan oleh Vatikan. Semua ini telah menjadi bagian dari kebudayaan Cina kuno.

Sekalipun batas antara iman, filsafat, dan etika masih buram, Konfusianisme memiliki ketiganya. Inilah iman sebagai nilai, sebagai penyangkalan diri. Iman membangkitkan sikap belas kasihan dan keberanian, dan iman itu hampir selalu terkait dengan alam. Iman bukan ritual, doktrin, atau teologi abstrak, sekalipun semua itu penting. Iman itu menyangkut perasaan insani, cinta, dan belas kasihan.

– Tony Blair

SUMBER

How will religion’s growth in China impact its relations with the West? (Washington Post)

FOTO

World Economic Forum on Flickr (Wikipedia/CC 2.0)

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi