UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Film St. Andreas Kim martir ditayangkan di bioskop Korea

Desember 1, 2022

Film St. Andreas Kim martir ditayangkan di bioskop Korea

Sebuah adegan film biografi tentang kehidupan imam Katolik Korea pertama dan martir St. Andreas Kim Tae-gon. (Foto: kdramadiary.com)

Sebuah film biografi tentang imam dan martir Katolik pertama Korea, St. Andreas Kim Tae-gon, ditayangkan di layar lebar di seluruh negara Asia Timur itu pada 30 November untuk menandai peringatan 200 tahun kelahirannya.

Film berjudul “Birth” ini diproduksi bersama oleh Pusat Kebudayaan Katolik Korea dan ditulis serta disutradarai oleh pembuat film Korea Park Heung-Shik. Aktor Korea Yoon Shi Yoon berperan sebagai St. Andreas Kim.

Sebelum diluncurkan di Korea Selatan, film ini diadakan tayang perdana pada 16 November di aula Sinode baru di Vatikan. Pada hari yang sama, Paus Fransiskus bertemu dengan para pemain dan kru di ruang audiensi di Aula Paus Paulus VI.

“Merupakan berkat untuk mempelajari kehidupan seorang Kristen yang indah, Pastor Kim Tae-gon, yang indah sebagai manusia,” kata Paus Fransiskus saat audiensi, seperti dikutip Catholic Peace Broadcasting Corporation (CPBC) Korea.

Film ini berlatar belakang Perang Opium, dan menelusuri perjalanan Andreas Kim ke Makau, yang melintasi laut dengan kapal Raphael, jalan masuk darat menuju bekas Manchuria (China timur laut), dan jalan masuk laut melalui Pulau Baengnyeong.

Selama acara di Vatikan, sutradara Park mengungkapkan harapan “banyak orang akan menonton film tersebut dan menghidupkan kembali Pastor Kim Dae-gun di dalam hati mereka.”

Choo Kyu-ho, Duta Besar Korea untuk Vatikan yang hadir saat pemutaran perdana merasa bahwa film tersebut mengangkat pertanyaan tentang “masalah kebebasan dan martabat manusia” yang merupakan “tugas serius yang harus diselesaikan oleh masyarakat dunia berdasarkan persaudaraan hari ini.”

Pastor Paolo Lee Yongho, rektor Tempat Doa Solmoe, tempat kelahiran Santo Andreas Kim, percaya bahwa martabat manusia adalah kekuatan pendorong di belakang misi imam martir Korea itu, lapor kantor berita Fides.

“Santo kami percaya bahwa kehidupan setiap orang berharga dan harus dihormati. Andreas Kim adalah pelopor martabat manusia, menyebarkan kebenaran bahwa semua pria dan wanita adalah sama dan memiliki martabat yang sama, dalam masyarakat yang diatur kasta.”

“Kebenarannya masih relevan dalam masyarakat yang mendorong sistem ekonomi dan sosial kapitalis dan ketidaksetaraannya secara ekstrim. Ini mengarah pada budaya mengabaikan kehidupan manusia,” kata Pastor Lee.

Serikat Misi Asing Paris memilih Andreas Kim dan dua pemuda lainnya sebagai tanggapan atas keinginan umat Katolik setempat untuk memiliki para imam Korea, kata Pastor Lee.

Menurut media Fransiskan, dia adalah seorang yang dikonversi ke Katolik. Setelah pembaptisannya pada usia 15 tahun, dia pergi ke seminari di Makau, China, dan kembali ke tanah airnya enam tahun kemudian melalui Manchuria. Tahun yang sama, dia menyeberangi Laut Kuning ke Shanghai di mana dia ditahbiskan sebagai imam.

Kembali ke Korea, dia ditugaskan untuk mengatur agar lebih banyak misionaris masuk melalui laut dengan menghindari patroli perbatasan. Dia ditangkap, disiksa, dan akhirnya dipenggal di Sungai Han dekat Seoul.

Pastor Lee juga mengatakan Santo Andreas Kim adalah “seorang orang yang terbuka, bukan tertutup” dan mempromosikan perlunya pertukaran akademik dan budaya untuk dunia yang lebih baik.

Andreas Kim fasih dalam bahasa-bahasa Barat dan melukis peta Kerajaan Joseon di mana dia menggunakan huruf Barat untuk menunjukkan nama tempat.

Ia juga dianggap orang pertama yang menulis nama ibukota Kerajaan Joseon dengan nama Seoul yang benar.

Pastor Lee menyatakan dengan menceritakan kehidupan Santo Andreas Kim melalui film tersebut adalah “kesempatan bagi Gereja Korea untuk menemukan kembali dan memperbarui pesan yang masih dapat menyampaikan banyak hal kepada dunia modern”.

St. Andreas Kim (1821-1846) adalah seorang imam Katolik kelahiran Korea pertama dan sekarang menjadi santo pelindung para rohaniwan di Korea. Ayah santo itu, Ignatius Kim, menjadi martir selama penganiayaan tahun 1839. Paul Chong Hasang, seorang rasul awam, juga meninggal tahun 1839 pada usia 45 tahun.

Tahun 1984, selama kunjungannya ke Korea Selatan, Paus Yohanes Paulus II mengkanonisasi 103 martir termasuk Andreas Kim, Ignatius Kim, Paul Chong, dan tujuh misionaris Prancis yang menjadi martir pada abad-19.

Pengambilan  film “Birth” itu dimulai pada 6 Desember 2021, meliputi berbagai lokasi bersejarah seperti Nonsan, Taean, Boryeong, Danyang, Pyeongchang, Yoesu, Buan, Munyeong, dan Daegu. Selain itu, beberapa adegan juga diambil di beberapa provinsi seperti Chungcheong Utara, Gangwon, Jeolla Selatan, Gyoneggi, dan Pulau Jeju.

Sumber: Film on St. Andrew Kim hits Korean theaters

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi