UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Presiden dukung kebebasan pers

Juni 4, 2010

Presiden dukung kebebasan pers

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (foto/dok)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendukung penuh kebebasan pers, karena pers merupakan pilar penting dalam kehidupan demokrasi.

Yang penting pers dapat menjaga dengan penuh kehormatan dan tanggung jawab sesuatu yang amat mahal dan mulia, yang didambakan kehadirannya sejak dulu di Indonesia, kata presiden SBY di Kantor Harian Jurnal Nasional, seperti yang dilaporkan Okezone, Kamis 3 Mei 2010.

Napoleon pernah berkata, pena wartawan lebih tajam dibandingkan pedang, pedang militer. Maknanya dalam dan saya berpesan sekali lagi, jalankanlah freedom of the press ini dengan penuh mulia dan tanggung jawab,” pesan SBY.

Pada kesempatan itu pula SBY meminta agar kemerdekaan pers dijaga terus, karena “dengan menjaga kebebasan pers maka, kita bisa menjaga kebebasan berpendapat dan berekspresi warga negara.”

Dengan adanya kebebasan pers, masyarakat akan mendapatkan informasi tentang apa yang dilakukan oleh power holders. Siapa? Tidak lain adalah para pejabat negara yang sedang mengemban amanah di eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

“Rakyat tahu apa yang dilakukan pejabat negara itu dan ini tentunya prinsip transparansi dan akuntabilitas dari semua yang mendapatkan mandat dari rakyat untuk memimpin negeri ini,” tandas SBY.

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi