UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Pembentukan Papua Selatan sedang dibahas DPR

Juni 9, 2010

Pembentukan Papua Selatan sedang dibahas DPR

Pementasan seni oleh warga Papua (foto/ucan)

Komisi II DPR berjanji akan segera menindaklanjuti usulan warga Papua yang menginginkan pembentukan Propinsi Papua Selatan.

“Usul pemekaran sudah masuk Komisi II dan sudah kita evaluasi,” kata Ketua Komisi II Chairuman Harahap saat menerima perwakilan masyarakat Papua dan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze, Senin 7 Juni.

Menurut sejumlah perwakilan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya, sudah tujuh tahun masyarakat setempat menanti pemekaran Provinsi Papua Selatan, namun belum kunjung terwujud.

Chairuman mengatakan “mendorong pemekaran wilayah sebagai salah satu solusi mempercepat pembangunan.” Namun DPR akan tetap melakukan seleksi terhadap sejumlah wilayah yang akan dimekarkan.

Wakil Ketua Komisi II, Taufik Effendi, mengatakan salah satu tujuan pemekaran wilayah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ia menjelaskan saat ini Komisi II telah membahas sekitar dua puluh usulan pemekaran, termasuk  Papua Selatan.

Sementara itu Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze meminta supaya Komisi II mempercepat pemekaran Papua Selatan, karena aneh rasanya bahwa wilayah yang luasnya satu setengah kali lebih luas dari Pulau Jawa hanya mempunyai dua provinsi.

Johanes menilai pembentukan Papua Selatan diharapkan akan lebih mempercepat pembangunan di wilayah pulau paling timur Indonesia tersebut.

www.dpr.go.id

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi