UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

ASIA PEKAN INI: Menentang China, Taiwan mengenang tragedi Tiananmen

Juni 11, 2023

ASIA PEKAN INI: Menentang China, Taiwan mengenang tragedi Tiananmen

Seorang pria meletakkan lilin di Liberty Square of the Chiang Kai-shek Memorial Hall untuk memperingati 34 tahun penumpasan Tiananmen Beijing pada tahun 1989, di Taipei pada tanggal 4 Juni. (Foto: AFP)

Setiap akhir pekan, UCA News merangkum berita-berita utama terkait Gereja Katolik dari seluruh wilayah di Asia. Berikut adalah berita-berita utama selama pekan ini.

 

TAIWAN: Para pendukung demokrasi di Taiwan mengenang para korban pembantaian Tiananmen

Minggu lalu, ratusan pendukung demokrasi bergabung dalam aksi di ibu kota Taiwan, Taipei, untuk mengenang para korban pembantaian Tiananmen di China tahun 1989.

Para demonstran menentang rintangan ketika rezim komunis China melakukan upaya habis-habisan untuk menghapus ingatan terkait penghancuran brutal gerakan demokrasi yang dipimpin mahasiswa.

Pertemuan di Gedung Memorial Chiang Kai-shek Taipei menjadi pusat perhatian acara tahunan dan menarik sejumlah besar pembela dan pendukung HAM  baik di tempat tersebut maupun secara daring.

Para aktivis HAM mengecam tindakan keras Beijing dan penyensoran suara dukungan terhadap pembantaian Tiananmen sebagai “anti-manusia.” Tentara Pembebasan Rakyat, melalui penumpasan kekerasan, mengakhiri protes yang dipimpin mahasiswa selama berbulan-bulan di Beijing pada 4 Juni 1989.

Diperkirakan ratusan atau mungkin ribuan orang tewas dalam aksi militer tersebut. China telah melarang berkabung publik tentang acara tersebut dan telah menghapus, memblokir, atau menghapus semua referensi ke acara tersebut di situs media sosial China. Rezim pro-Beijing Hong Kong juga telah melarang peringatan tahunan Tiananmen dan tiga penyelenggara utama telah dipenjara.

 

INDIA: Para uskup India selatan tuduh ada persekongkolan melawan lembaga yang dikelola Gereja

Para uskup di Negara Bagian Kerala, India selatan, menuduh ada persekongkolan melawan lembaga pendidikan yang dikelola Gereja menyusul protes keras di sebuah perguruan tinggi keuskupan bergengsi dua hari setelah seorang mahasiswi bunuh diri.

Seorang mahasiswa teknologi pangan berusia 20 tahun di Jyothi College of Engineering di Keuskupan Kanjirappilly bunuh diri dengan cara digantung Jumat lalu. Itu terjadi setelah dia gagal dalam beberapa mata pelajaran dalam ujian tahunan. Protes keras selama dua hari yang menuntut tindakan terhadap manajemen dan staf memaksa perguruan tinggi ditutup tanpa batas waktu.

Seorang imam mendengarkan para mahasiswa pada sesi open house di Amal Jyothi College di Keuskupan Kanjirappilly di Negara Bagian Kerala, India selatan, pada November 2022. (Foto: ajce.in)

Dewan Uskup Katolik Kerala mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa dan menyebut protes itu sebagai “konspirasi yang direncanakan dengan baik untuk menargetkan lembaga pendidikan Kristen.” Manajemen perguruan tinggi telah berjanji untuk bekerja sama dengan penyelidikan yang adil atas kematian tersebut.

Sementara itu, di beberapa negara bagian di India, polisi menggerebek sekolah dan panti asuhan yang dikelola Gereja dan menahan staf yang menuduh mereka terlibat dalam perpindahan agama.

 

BANGLADESH: Polisi Bangladesh mendakwa ribuan orang

Polisi di ibu kota Bangladesh, Dhaka, mendakwa sekitar 2.500 orang, sebagian besar orang tak dikenal, pekan lalu, atas kekerasan jalanan yang dipicu oleh unggahan yang diduga menghujat di Facebook.

Seorang pria bernama Mohammad Sohel juga didakwa berdasarkan Undang-Undang Keamanan Digital yang ketat di negara itu, atas unggahan di media sosial yang diduga mencemarkan nama baik Nabi Muhammad. Polisi menyelamatkannya dari gerombolan massa Muslim dan dirawat di rumah sakit karena cedera.

Sekelompok warga Muslim memprotes postingan Facebook yang menghujat di ibu kota Bangladesh, Dhaka, dalam gambar tahun 2019 ini. (Foto; AFP)

Terdakwa mengatakan kepada wartawan bahwa profil Facebooknya diretas, dan dia tidak tahu apa-apa tentang postingan tersebut. Kekerasan atas dugaan penistaan agama di postingan media sosial adalah hal biasa di Bangladesh. Serangan tersebut seringkali bermotif politik untuk membuat para pemimpin partai oposisi, aktivis, dan agama minoritas dalam masalah.

Pada 23 Mei, seorang pria Hindu dipenjara selama 10 tahun karena menghina Islam di Facebook yang menyebabkan sekitar 20.000 Muslim menyerang minoritas Hindu. Serangan serupa menargetkan kuil Buddha dan Hindu pada 2012 dan 2016.

 

INDONESIA: Umat Katolik di Indonesia berduka atas teolog misionaris Eropa terakhir

Umat Katolik di Indonesia berduka atas teolog misionaris Eropa terakhir, Pastor Georg Ludwig Kirchberger, SVD, yang meninggal dunia pada  Senin dalam usia 76 tahun.

Imam  kelahiran Jerman itu mengajar teologi di Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero, seminari terbesar di Indonesia di Pulau Flores yang mayoritas penduduknya Katolik, selama hampir 50 tahun.

Misionaris tersebut meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Maumere, Flores di mana dia menerima perawatan untuk komplikasi hipertensi dan masalah pernafasan.

Teolog Jerman dan Misionaris  Pastor George Ludwig Kirchberger, SVD. (Foto disediakan)

Pastor Kirchberger tiba di Indonesia  tahun 1975 dan mulai mengajar di seminari setahun kemudian. Beliau adalah tokoh penting dalam kajian teologi di Indonesia. Ia menulis buku teologi setebal 739 halaman yang populer, “Allah Menggugat,” yang menjadi buku pegangan di seminari dan sekolah teologi di Indonesia.

Lahir pada 27 Mei 1947 di Bavaria, Jerman, Pastor Kirchberger ditahbiskan menjadi imam  tahun 1975 setelah menyelesaikan studi teologi di Austria.

 

FILIPINA: Kelompok buruh Filipina desak Presiden Marcos Jr. untuk memastikan keamanan pekerjaan

Kelompok buruh Filipina terbesar, Koalisi Buruh Nagkaisa, telah meminta Presiden Ferdinand Marcos Jr. untuk memastikan keamanan pekerjaan karena pemerintah berencana untuk menjual sekitar 137 properti negara ‘idle’ ke organisasi swasta.

Dalam sebuah pernyataan pada  Senin, grup tersebut mengecam Benjamin Diokno, sekretaris Departemen Keuangan, yang mengumumkan rencana privatisasi 137 properti  tahun 2023. Diokno mengatakan pemerintah akan menjual properti senilai sekitar 50 juta dolar AS tahun ini.

Pemandangan kawasan kumuh di sepanjang sungai di Manila pada 18 Maret 2020. Rumah Sakit Komunitas Emmanuel di Tondo Manila yang melayani masyarakat miskin termasuk di antara 137 properti negara yang terdaftar untuk privatisasi  tahun 2023. (Foto: AFP)

Kelompok buruh mengatakan, pemerintah menganggap nasib pegawai lembaga negara tidak terpengaruh oleh perubahan kepemilikan. Dikatakan sekitar 400 karyawan telah menyatakan ketakutan tentang kemungkinan kehilangan pekerjaan karena keputusan tersebut.

Dua mantan karyawan perusahaan milik negara yang diprivatisasi di masa lalu mengklaim bahwa mereka tidak mendapatkan kompensasi yang layak ketika mereka kehilangan pekerjaan karena privatisasi.

 

CHINA: Paus tunjuk tiga anggota baru untuk Akademi Ilmu Sosial Kepausan

Paus Fransiskus telah menunjuk tiga anggota baru untuk Akademi Ilmu Sosial Kepausan termasuk filsuf politik China, Tongdong Bai, pada  Senin.

Dua anggota baru lainnya adalah Tracey Rowland, seorang teolog dari Australia, dan Justin Farrell, seorang sosiolog dari AS. Tongdong Bai, 53, adalah profesor filsafat di Universitas Fudan di Shanghai, China.

Tongdong Bai, 53, adalah profesor filsafat di Universitas Fudan di Shanghai, China. (Foto: Masyarakat Asia/YouTube)

Dia adalah akademisi China pertama yang diangkat ke badan Vatikan, kata laporan media.

Dia diharapkan memainkan peran kunci karena akademi dijadwalkan mengadakan lokakarya bertajuk “Dialog antar Peradaban di “Dialogue between Civilizations on Global Commons” di Roma pada 27-28 Juni.

Salah satu isu utama lokakarya untuk didiskusikan adalah China dan perannya dalam urusan global saat ini. Tongdong Bai berspesialisasi dalam filsafat Tiongkok dan filsafat politik, terutama filsafat politik China tradisional. Dia juga menulis banyak buku tentang filsafat China.

 

KOREA UTARA: Pemimpin Korut perintahkan otoritas setempat untuk mengambil tindakan pencegahan

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah memerintahkan otoritas setempat untuk mengambil tindakan pencegahan setelah berbagai laporan media mengungkapkan keluarga bunuh diri karena kelaparan dan kemiskinan.

Kim secara resmi mendefinisikan bunuh diri sebagai “tindakan pengkhianatan terhadap sosialisme” dan mengeluarkan perintah pencegahan bunuh diri rahasia selama pertemuan darurat para pemimpin partai di seluruh negeri. Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dari Hamgyong Utara mengatakan rincian kasus bunuh diri yang dibagikan selama pertemuan tersebut mengejutkan para pejabat yang berkumpul.

Lebih dari 40 persen dari 25 juta penduduk Korea Utara dianggap rawan pangan, menurut perkiraan PBB. (Foto: AFP)

Menurut sebuah laporan dari Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, tingkat bunuh diri Korea Utara meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu. Korea Utara menghadapi kekurangan pangan yang meluas karena laporan pengurangan produksi pangan muncul.

Negara ini dilaporkan akan kekurangan sekitar 800.000 ton beras tahun ini – situasi yang dipicu oleh kekeringan. PBB mengatakan sekitar 42 persen penduduk negara itu kekurangan gizi karena kekurangan pangan.

 

VIETNAM: Seorang guru musik di Vietnam soroti korupsi dan pelanggaran HAM

Seorang guru musik di Vietnam yang menyoroti korupsi dan pelanggaran HAM melalui lagu-lagu patriotik dan postingan media sosial telah dipenjara karena kampanye anti-negara, Selasa.

Sebuah pengadilan di Provinsi Dak Lak di Vietnam menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara kepada Dang Dang Phuoc karena membuat, menyimpan, dan menyebarkan dokumen yang menentang pemerintah komunis yang berkuasa.

Dang Dang Phuoc dengan sebuah poster meminta Vietnam untuk menuntut China atas invasi laut sebelum penangkapannya pada September 2022. (Foto: Facebook)

Pria berusia 60 tahun itu juga diberikan empat tahun masa percobaan setelah hukumannya karena dia “tidak menerima putusan dan mengklaim dia tidak bersalah.”

Istrinya mengatakan suaminya akan mengajukan banding atas vonis tersebut. Di negara komunis itu, Phuoc adalah aktivis keempat yang dipenjara karena menyebarkan “propaganda anti-negara” dalam dua bulan terakhir.

Aktivis mengecam hukuman keras itu dan mengatakan Phuoc tidak melakukan pelanggaran dengan mengomentari masalah sosial dan politik dan lingkungan dan dengan mendukung korban penggusuran tanah yang miskin.

 

MALAYSIA: Pihak berwenang di Malaysia melakukan upaya untuk mengatasi peningkatan populasi lansia

Pihak berwenang di Negara Bagian Sarawak, Malaysia yang mayoritas penduduknya beragama Kristen, sedang melakukan upaya untuk mengatasi peningkatan populasi lansia secara bertahap karena diperkirakan akan menjadi negara yang menua secara resmi dalam lima tahun ke depan.

Sejak 2020, populasi lansia di Sarawak telah meningkat sebesar 0,55 persen per tahun, dan lansia merupakan 12,6 persen dari perkiraan total populasi negara bagian sebesar 2,5 juta, menurut Departemen Statistik. Sekitar 42 persen penduduk Sarawak beragama Kristen.

Fatimah Abdullah (kanan), Menteri Pembangunan Kesejahteraan Perempuan, Anak dan Masyarakat di Negara Bagian Sarawak, Malaysia, berbicara dalam diskusi tentang populasi lanjut usia di negara bagian tersebut pada 5 September 2022. (Foto: The Borneo Post)

Per November 2022, populasi lanjut usia di negara bagian itu adalah 311.600. Dengan kecepatan saat ini, Sarawak secara resmi akan menjadi negara bagian yang menua pada tahun 2028 ketika akan memiliki 15 persen orang lanjut usia.

November lalu, Menteri Pembangunan Kesejahteraan Perempuan, Anak dan Masyarakat di Sarawak, Fatimah Abdullah, menyatakan pemerintah sedang mengambil langkah-langkah untuk mendukung peningkatan populasi lansia dan akan melakukan penelitian tentang penuaan.

 

KAMBOJA: Hun Sen peringatkan semua NGO untuk tunduk pada audit keuangan

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen telah memperingatkan semua organisasi non-pemerintah untuk tunduk pada audit keuangan atau resiko menghadapi  penutupan, menambahkan peninjauan sumber pendanaan akan memastikan uang tidak digunakan “untuk melakukan terorisme.”

Sebanyak 6.109 LSM dan asosiasi Kamboja akan menghadapi tindakan hukum jika mereka gagal menyerahkan laporan tahunan mereka.

Hun Sen juga memperingatkan LSM untuk tidak mengambil uang dari orang asing atau menggunakan uang itu untuk menyerang Kamboja dengan mengatakan bahwa para pemimpin LSM di Kamboja tidak boleh “menundukkan kepala mereka” pada uang asing dan “membunuh rakyat mereka sendiri” atau “menjelek-jelekkan kerajaan.”

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen telah memperingatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk tunduk pada audit keuangan atau penutupan risiko. (Foto:  AFP/UCAN)

Para kritikus menyebut pemerintah berupaya menambah kas negara dengan dana dari berbagai nasional pascapandemi Covid-19. Mereka juga menuduh ancaman tuntutan keuangan yang berlebihan digunakan untuk membungkam kritik menjelang pemilihan umum 23 Juli.

Partai Rakyat Kamboja yang telah lama berkuasa diperkirakan akan memenangkan pemilihan dengan telak setelah Komisi Pemilihan Nasional mendiskualifikasi oposisi utama Partai Cahaya Lilin.

Sumber: Defying China, Taiwan remembers Tiananmen

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi