UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

ASIA PEKAN INI: Petinggi Vatikan kunjungi Vietnam untuk perkuat hubungan

April 13, 2024

ASIA PEKAN INI: Petinggi Vatikan kunjungi Vietnam untuk perkuat hubungan

Uskup Agung Paul Richard Gallagher disambut dengan bunga saat kedatangannya di Hanoi pada 9 April. (Foto milik tonggiaophanhanoi.org)

 

Setiap akhir pekan, UCA News merangkum berita-berita utama terkait Gereja Katolik dari seluruh wilayah di Asia. Berikut adalah berita-berita utama selama pekan ini.

 

VIETNAM: Petinggi Vatikan kunjungi Vietnam

Sekretaris Hubungan dengan Negara dan Organisasi Internasional Vatikan, Uskup Agung Paul Richard Gallagher, tiba di Vietnam pada hari Rabu dalam kunjungan enam hari yang bertujuan untuk lebih membina hubungan diplomatik penuh dengan negara komunis tersebut.

Uskup Agung Marek Zalewski, perwakilan kepausan untuk Vietnam, menyambut  hangat Uskup Agung Gallagher di Hanoi, ibu kota negara itu.

Uskup Agung Gallagher bertemu dengan mitranya dari Vietnam, Bui Thanh Son, dan menegaskan bahwa Vatikan dan Vietnam memiliki hubungan yang baik.

Son mengatakan  kunjungan utusan Vatikan akan semakin memperkuat hubungan antara kedua belah pihak dan mengusulkan kelanjutan pertukaran tingkat tinggi. Vatikan dan Vietnam menandatangani perjanjian penting tahun lalu yang mengizinkan perwakilan kepausan menetap di negara tersebut.

Vietnam juga mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi negaranya. Uskup Agung Gallagher adalah pejabat paling senior yang mengunjungi negara tersebut sejak hubungan diplomatik terputus tahun 1975 setelah pengambilalihan dan penyatuan Vietnam oleh komunis.

 

MYANMAR: Pangkalan junta Mynamar jatuh ke tangan pemberontak

Pangkalan militer terakhir Myanmar di kota perbatasan utama Myawaddy telah jatuh ke tangan pasukan pemberontak setelah pertempuran sengit selama lima hari.

Tentara junta yang masih hidup terpaksa melarikan diri melintasi perbatasan ke Thailand sebelum pasukan  bantuan tiba.

Batalyon 275 menyerah setelah serangan tanpa henti terhadap pangkalan di sisi barat Myawaddy oleh Tentara Pembebasan Nasional Karen atau KNLA dan Angkatan Pertahanan Rakyat yang akrab disebut PDF.

Seorang anggota milisi Myanmar membawa senjata di sisi sungai Moei Myanmar, terlihat dari Distrik Mae Sot,  Thailand pada 11 April. (Foto: AFP)

Jatuhnya Myawaddy mengakhiri serangan musim kemarau selama lima bulan yang dilakukan oleh 20 organisasi etnis bersenjata – termasuk KNLA dan PDF, sayap bersenjata oposisi Pemerintah Persatuan Nasional, yang telah mencatat keberhasilan spektakuler di medan perang di seluruh negeri itu.

Pasukan KNLA-PDF mengamankan sebagian besar Myawaddy pada Sabtu lalu, namun pertempuran sengit terus berlanjut di tengah pemboman udara besar-besaran yang dilakukan militer.

Bank, pasar, dan sebagian besar bisnis tutup. Internet dan saluran telepon terputus. Thailand telah menawarkan untuk berbicara dengan semua pihak dalam upaya menyelesaikan konflik tersebut.

 

INDIA: Keuskupan di India dikritik terkait pemutaran film kontroversial

Sebuah keuskupan di Negara Bagian Kerala, India selatan menghadapi kritik setelah memutar film kontroversial untuk para pelajar kateketik. Keuskupan Idukki yang dinaungi oleh Gereja Siro-Malabar Ritus Timur, memutar film berbahasa Hindi, ‘The Kerala Story”, di semua paroki pada Kamis lalu.

Film tahun 2023 ini dianggap Islamofobia karena didasarkan pada “Jihad Cinta”, sebuah istilah yang merendahkan yang digunakan untuk menggambarkan anak laki-laki Muslim berpura-pura ingin menikahi gadis Kristen dan Hindu agar mereka masuk Islam.

Pemerintah Kerala dan para pemimpin politik mengatakan film tersebut tidak berdasarkan fakta dan meremehkan Kerala.

Sepasang suami-istri Muslim melewati sebuah bioskop  yang memutar film ‘The Kerala Story’ di Mumbai pada 10 Mei 2023. (Foto: AFP)

Kelompok pro-Hindu dan Partai Bharatiya Janata yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi mendukung film tersebut, dengan mengatakan  film tersebut mengekspos agenda Islam terhadap India.

Setelah Modi berkuasa tahun 2014, kelompok minoritas termasuk Muslim dan Kristen menghadapi peningkatan penganiayaan dari kelompok Hindu radikal. BJP mengupayakan pemilihan kembali dalam pemilu nasional mulai 19 April.

 

BANGLADESH: Badai hantam Bangladesh tewaskan 13 orang

Setidaknya 13 orang tewas dan beberapa ratus keluarga kehilangan rumah mereka akibat badai sebelum musim hujan yang melanda Bangladesh pada Minggu lalu. Tujuh distrik di bagian selatan dan barat daya negara itu terkena dampak buruk fenomena cuaca tersebut.

Sebagian besar orang tewas disebabkan oleh sambaran petir dan kerusakan rumah. Korban tewas sebagian besar adalah petani yang bekerja di ladang terbuka. Para pemerhati lingkungan mengatakan sistem peringatan dini yang efektif bisa menyelamatkan nyawa.

Seorang pria mengibarkan bendera sinyal bahaya badai menjelang jatuhnya Topan Mocha di Bangladesh pada 13 Mei 2023. Negara di Asia Selatan ini tidak memiliki mekanisme peringatan untuk badai sebelum musim hujan yang disebut nor’westers. (Foto: AFP)

Bangladesh tidak asing dengan bencana alam. Namun, para pakar iklim mengatakan frekuensi bencana seperti badai, angin topan, dan banjir telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir akibat dampak perubahan iklim.

Bulan lalu, badai yang terjadi sebelum waktunya ditambah dengan hujan es melanda empat dari delapan divisi administratif Bangladesh. Ukuran batu es yang relatif besar menyebabkan hampir 100 orang terluka dan banyak rumah serta kendaraan rusak. Lebih dari 3.700 orang tewas akibat bencana alam dalam 14 tahun terakhir.

 

INDONESIA: Aktivis HAM menyerukan diakhirinya kekerasan di Papua

Para aktivis hak asasi manusia menyerukan penyelidikan dan diakhirinya kekerasan di wilayah Papua yang mayoritas penduduknya Kristen  setelah seorang anak dibunuh dan seorang lainnya mengalami luka-luka serius dalam pertempuran antara pasukan keamanan dan kelompok pemberontak bersenjata.

Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun terbunuh dan saudara perempuannya yang berusia enam tahun dilaporkan dalam keadaan koma di rumah sakit setelah mereka ditembak di rumah mereka di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah.

Baik aparat keamanan maupun  OPM  membantah terlibat dan saling menyalahkan atas insiden tersebut.

Pemakaman Ronaldo Duwitau, 12, diadakan pada 9 April, sehari setelah ia tewas dalam baku tembak antara TNI  dan kelompok pro-kemerdekaan Papua. (Foto disediakan)

Para pemimpin Gereja dan aktivis HAM di Papua menentang peningkatan jumlah tentara militer dan polisi di wilayah tersebut, dengan mengatakan peningkatan keamanan akan memicu lebih banyak kekerasan.

Setidaknya 49 insiden kekerasan terhadap warga sipil dilaporkan tahun lalu yang mengakibatkan 41 kematian dan 67 luka-luka.

Papua mengalami kekerasan yang mematikan sejak Indonesia mencaplok wilayah tersebut, yang memicu pemberontakan pro-kemerdekaan setelah berakhirnya pemerintahan kolonial Belanda tahun 1960-an.

 

FILIPINA: Aktivis dan organisasi mahasiswa di Filipina khawatir atas latihan militer empat negara

Politisi progresif, aktivis dan organisasi mahasiswa di Filipina telah menyatakan ketakutan mereka  atas latihan militer empat negara yang pertama kali dilakukan di Laut China Selatan, yang merupakan pusat ketegangan antara beberapa negara Asia Tenggara dan jalur pelayaran utama global.

“Kegiatan Kerjasama Maritim Multilateral” pertama yang melibatkan sayap pertahanan Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Filipina berakhir di Pulau Batanes dekat Taiwan pada pekan  lalu.

Anggota parlemen France Castro memperingatkan bahwa latihan militer semacam itu dapat mendorong Filipina ke dalam medan perang di Asia Tenggara.

‘Kegiatan Kerja Sama Maritim Multilateral’, sebuah latihan maritim gabungan antara Australia, Amerika Serikat, Jepang dan Filipina, sedang berlangsung di lepas pantai Zona Ekonomi Eksklusif Filipina pada 7 April. (Foto: AFP)

AS telah melibatkan Jepang dan Australia sebagai sekutu dalam Strategi Indo-Pasifik yang bertujuan  membendung China. Bersama dengan India, mereka merupakan bagian dari aliansi pertahanan, QUAD.

Pekan depan, Presiden AS Joe Biden akan mengadakan pertemuan puncak trilateral pertama dengan Presiden Ferdinand Marcos Jr. dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Washington.

Liga Mahasiswa Filipina, organisasi pemuda terbesar di negara mayoritas Katolik, mendesak masyarakat untuk mengecam “campur tangan” AS dan China dalam urusan Filipina.

 

NEPAL: Kelompok agama minoritas prihatin atas tuntutan kelompok nasionalis pro-Hindu

Kelompok agama minoritas telah menyatakan keprihatinannya atas tuntutan kelompok nasionalis pro-Hindu untuk menegakkan kembali monarki dan negara Hindu di Nepal. Pekan  ini, pendukung pro-monarki turun ke jalan dan bentrok dengan polisi.

Para anggota kelompok minoritas mengatakan mereka menghadapi tekanan yang meningkat dari kelompok Hindu radikal dalam bentuk ujaran kebencian, diskriminasi dari negara dan masyarakat, serta kekerasan massa.

Pawai di ibu kota Kathmandu diadakan oleh partai sayap kanan dan pro-monarki, Partai Rastriya Prajatantra, partai terbesar kelima di parlemen, pada  Selasa.

Pendukung Partai Rastriya Prajatantra (RPP) yang mengibarkan bendera partainya meneriakkan slogan-slogan selama protes menuntut pemulihan monarki dan status negara Hindu di negara Himalaya itu, di sepanjang jalan di Kathmandu pada 9 April. (Foto: AFP)

Laporan media mengatakan  dalam beberapa bulan terakhir, distrik-distrik di Nepal Timur yang berbatasan dengan India, mengalami peningkatan kasus kekerasan komunal dan permusuhan sosial yang menargetkan kelompok agama minoritas yang dilakukan oleh kelompok fundamentalis.

Hal ini mendorong pemerintah daerah untuk memberlakukan ‘jam malam’ untuk mengendalikan situasi. Nepal menghapuskan monarki absolut tahun 2007 dan mendeklarasikan dirinya sebagai negara sekuler.

 

MALAYSIA: Warga Malaysia memberikan penghormatan kepada biarawati misionaris Irlandia

Warga Malaysia memberikan penghormatan kepada seorang biarawati misionaris Irlandia yang memelopori pendidikan anak perempuan selama beberapa dekade.

Suster Enda Ryan, anggota Kongregasi Misionaris Fransiskan Maria, meninggal pekan lalu pada usia 96 tahun.

Biarawati ini dipuji secara luas sebagai pendiri sekolah-sekolah ikonik Assunta dan membantu membangun Klinik Ave Maria, yang sekarang menjadi Rumah Sakit Assunta, rumah sakit swasta pertama di Malaysia.

Sekolah dan rumah sakit tersebut berada di Petaling Jaya, kota satelit yang baru dikembangkan untuk Kuala Lumpur.

Suster Enda Ryan terlihat bersama  para mantan muridnya dalam foto ini. (Sumber: Lily Lee)

Banyak yang mengunggah di media sosial memuji kontribusi biarawati tersebut.

Ia lahir pada  30 Desember 1928, bergabung dengan kongregasi tahun 1947, dan datang ke Malaysia tahun 1955 setelah lulus dari universitas dengan gelar di bidang pendidikan.

Biarawati ini pensiun tahun 1989 namun merupakan tokoh terkemuka dalam mengembangkan kebijakan dan praktik pendidikan di Malaysia. Tahun 1966, pemerintah Malaysia memberikan kewarganegaraannya atas kontribusinya terhadap pendidikan.

 

CHINA: Buddha Tibet kecam  China terkait larangan praktik keagamaan

Umat Buddha Tibet mengecam pemerintah China atas arahan yang melarang beberapa praktik keagamaan yang dilakukan setelah wafatnya Dalai Lama, pemimpin spiritual tertinggi agama Buddha Tibet.

Rezim pro-Beijing di Tibet baru-baru ini mendistribusikan sebuah pedoman manual yang berisi larangan 10 aktivitas setelah wafatnya Dalai Lama, termasuk menahan diri untuk tidak menampilkan foto-fotonya serta “aktivitas dan ritual keagamaan ilegal lainnya.”

Dalai Lama berbicara pada pertemuan publik di Dharamsala, India pada 24 Februari. (Foto: AFP)

Panduan tersebut juga mencantumkan peraturan yang tidak boleh mengganggu proses pengakuan reinkarnasi Dalai Lama, yang telah menjadi isu kontroversial dengan pihak berwenang China.

Umat Buddha Tibet percaya bahwa penerus Dalai Lama terjadi melalui inkarnasi, sedangkan pemerintah China berusaha mengendalikan metode seleksi yang telah berusia berabad-abad dengan menunjuk kandidat pilihan mereka.

China mencaplok Tibet tahun 1951, memberangus perbedaan pendapat dengan tangan besi dan berusaha untuk mempengaruhi kehidupan sosial-ekonomi dan keagamaan masyarakat Tibet sejak saat itu.

 

KAMBOJA: Pemerintah Kamboja deportasi 700 warga  China

Pemerintah Kamboja telah memutuskan untuk mendeportasi 700 warga  China yang dicurigai menjalankan perjudian online ilegal dan operasi penipuan.

Hal ini terjadi di tengah tindakan keras yang sedang berlangsung terhadap penjahat dunia maya yang beroperasi di Sihanoukville, sarang kejahatan terorganisir yang terkenal di pantai selatan.

Dalam foto tanggal 27 September 2022 di Phnom Penh ini, seorang korban geng penipuan China menunjukkan bekas luka di kakinya setelah dia disiksa. Puluhan kasino bermunculan dalam beberapa tahun terakhir di Sihanoukville menyusul investasi China, menjadikan kota ini pusat para penjudi dan menarik kelompok kejahatan internasional. (Foto: AFP)

Warga China ditahan setelah operasi gabungan polisi Kamboja-China menyusul tindakan keras serupa terhadap warga negara China, atas perintah Beijing, di Laos dan Myanmar.

Lebih dari 40.000 warga  China dideportasi karena kejahatan serupa dari Myanmar selama tiga bulan terakhir tahun lalu.

Kamboja mengalami peningkatan jumlah perdagangan orang dan penipuan yang dilakukan oleh jaringan kejahatan terorganisir, yang terjadi selama pandemi Covid-19 dan kemudian menyebar ke negara-negara tetangga.

Namun, pemerintah memerintahkan tindakan keras setelah 2.000 orang ditangkap karena kejahatan online tahun ini.

Sumber: Archbishop gallaghers visit to strengthen ties with vietnam

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi