UCAN China ucanews.com
UCAN Indonesia

Revitalisasi iman bantu umat Katolik terhindar dari gerakan evangelis

Juni 25, 2012

Revitalisasi iman bantu umat Katolik terhindar dari gerakan evangelis

 

Jumlah komunitas Pentakosta dan Evangelis di Amerika Latin tidak dapat diabaikan atau diremehan, kata Paus Benediktus XVI kepada uskup dari Kolombia seperti dilansir Catholic News Service.

Untuk itu umat Katolik “diminta untuk memperkuat dan merevitalisasi iman mereka” serta program pastoral diperkuat untuk meningkatkan iman dan membantu umat merasa diterima di Gereja, kata Paus itu.

Paus Benediktus membuat pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan sekelompok uskup Kolombia yang mengadakan kunjungan “ad limina” mereka ke Vatikan. Kegiatan kunjungan tersebut bertujuan untuk melaporkan status keuskupan-keuskupan mereka dan melakukan diskusi dengan para pejabat Vatikan.

“Perkembangan pluralitas agama merupakan faktor yang membutuhkan pertimbangan serius,” katanya, termasuk keberadaan “komunitas Pentakosta dan Injili, tidak hanya di Kolombia, tetapi juga di banyak wilayah lain di Amerika Latin, yang tidak dapat diabaikan atau diremehkan.”

Paus mengulangi penilaiannya tersebut yang dibuat untuk para uskup Amerika Latin tahun 2007 dengan menanyakan, Mengapa umat Katolik meninggalkan Gereja dan bergabung dengan kelompok-kelompok agama lain?

Sering kali, umat Katolik meninggalkan komunitas mereka “bukan karena apa yang kelompok non-Katolik percaya”,  mereka meninggalkan bukan karena alasan doktrinal atau teologis, tetapi karena “masalah metodologis dari Gereja kita,” kata Paus, dengan mengutip dokumen penutup konferensi para uskup Amerika Latin di Aparecida, Brazil.

Paus Benediktus mengatakan apa yang dibutuhkan umat adalah “menjadikan orang lebih beriman, taat, hidup baik dan diterima dengan ramah di paroki-paroki dan komunitas, sehingga tidak ada yang merasa jauh dari perhatian.”

 

Jangan lewatkan

Dapatkan info terbaru secara gratis lewat newsletter UCAN Indonesia disini

Podcasts
Donation
© UCAN Indonesia 2024. | Kontak | Tentang | Syarat dan Ketentuan | Privasi